BPK Sultra: Buteng Penuhi Standar Laporan Keuangan – Buton Pos
Suara Buton Tengah

BPK Sultra: Buteng Penuhi Standar Laporan Keuangan

BUTONPOS.COM, BUTON TENGAH – Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), sementara melakukan audit atau pemeriksaan fisik terhadap laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) tahun anggaran 2018. Ditargetkan, pemeriksaan fisik tersebut akan berakhir 27 April 2019 setelah dimulai 27 Maret lalu.

Namun, ditengah pemeriksaan fisik tersebut, BPK-RI Perwakilan Sultra sudah memberikan bocoran jika daerah yang sudah dua tahun berturut-turut meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) itu, telah memenuhi standar laporan keuangan.

“Hasil pemeriksaan tim kami sementara ini, laporan keuangan Kabupaten Buteng bersama Kabupaten Kolaka sudah memenuhi standar,” ungkap Kepala BPK-RI Perwakilan Sultra, Hermanto, saat menggelar rapat bersama Pemkab Buteng di aula kantor bupati, Selasa (16/4).

Dalam rapat yang dihadiri Bupati Buteng H Samahuddin, Wakil Bupati La Ntau, Sekab La Ode Hasimin, dan para Kepala OPD itu, Hermanto menegaskan, meskipun sudah memenuhi standar laporan keuangan Kabupaten Buteng jangan senang dulu, karena skornya masih dikalahkan kabupaten lain.

“WTP tahun lalu, Kabupaten Buteng ini merupakan yang tertinggi skornya dari daerah lainnya di Sultra dengan nilai 88. Namun sekarang, sudah ada kabupaten lain yang mulai menyalip dan bahkan sudah ada kabupaten dengan nilai diatas 90,” beber Hermanto.

Menurutnya, masih ada kesempatan bagi Kabupaten Buteng untuk mendongkrak nilai dari capaian tahun lalu, jika semua Satker bekerja sama melakukan perbaikan-perbaikan laporan sebelum masa pemeriksaan fisik berakhir. Misalkan laporannya dilengkapi dengan jurnal sesuai rencana kerja dan anggaran (RKA) setiap OPD.

“Secara angka, laporannya memang sudah sesuai. Tapi secara proses, masih banyak yang harus diperbaiki. Sehingga apa yang disajikan nantinya, sesuai dengan bukti pendukungnya,” saran Hermanto.

Dalam kesempatan itu, pria bergelar Insinyur ini meminta Inspektorat untuk meningkatkan kinerjanya dalam memberikan pengawasan dan lebih awal menangani masalah sebelum BPK turun melakukan pemeriksaan.

Sementara itu, Bupati Buteng H Samahuddin menyampaikan terima kasih kepada tim BPK-RI Perwakilan Sultra dalam memberikan masukan dan perbaikan yang harus dilakukan Pemkab Buteng agar predikat WTP dapat dipertahankan.

“Terima kasih kepada Tim BPK atas pembinaan yang sudah dilakukan kepada kami, sehingga hal-hal yang masih dianggap kurang dan belum lengkap bisa kami perbaiki dengan baik,” ucap Samahuddin.

Maka itu, orang nomor satu di Buteng itu menekankan kepada para Kepala OPD agar saran dan masukan yang diberikan BPK dapat ditindaklanjuti dengan sebaik-baiknya.(uzi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top