BST Kemensos Tahap II Busel 806 KPM Disalurkan – Buton Pos
Suara Buton Selatan

BST Kemensos Tahap II Busel 806 KPM Disalurkan

Bupati Buton Selatan H La Ode Arusani menyerahkan BST dari Kemensos RI kepada salah satu perwakilan KPM di Batauga. FOTO Istimewa

BUTONPOS.FAJAR.CO.ID, BUTON SELATAN–Masyarakat kurang mampu Kabupaten Buton Selatan yang terkena dampak Corona Virus Disiase (Covid-19) sedikit bernapas lega. Pasalnya Bantuan Langsung Tunai (BLT) Kementerian Sosial (Kemensos) mulai tersalur. Jumat (15/5) daerah yang dipimpin H La Ode Arusani itu menyalurkan Bantuan Sosial Tunai kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Pada tahap II Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementrian Sosial RI yang disalurkan di beberapa desa/kelurahan di Busel sebanyak 806 KPM.

Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos RI total penerima 1.951 dengan nominal Rp 600.000/kpm/bulan sudah terlebih dahulu disalurkan melalui Bank BRI dan BNI pada awal Mei 2020. Selain melalui rekening, bagi penerima yang tidak memiliki nomor rekening dikirim melalui PT POS Indonesia. Dengan rincian melalui BRI sebanyak 630 kpm. BNI sebanyak 515 kpm se Busel.

Sedangkan yang tidak memiliki nomor rekening diterima tunai tanpa potongan Rp 600 ribu melalui kantor pos sebanyak 806 KPM tahap II.

Penyaluran Bansos itu salah satu upaya pemerintah dalam mengatasi dampak pandemi global Covid-19. Pemberian bantuan sosial dalam berbagai bentuk secara langsung kepada penerima dari pusat, Pemprov, Pemkab dan BLT Dana Desa. Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dikelola Kementerian Sosial R.I merupakan basis data  yang selama ini digunakan untuk pemberian bantuan sosial merupakan basis nasional.

Sesuai surat direktur penanganan fakir miskin wilayah III Kementerian Sosial R.I. Nomor 790/BS/4.4.3/5/2020 Tanggal 06 Mei 2020 Perihal Penyaluran Bantuan Sosial Tunai Bulan April 2020 Tahap II dimana Direktorat Penanganan Fakir Miskin Wilayah III telah mengeluarkan Surat Intruksi Panyaluran Bantuan Sosial tunai ke Kantor Pos Indonesia untuk periode bulan April 2020 Tahap II.

Bupati Buton Selatan H La Ode Arusani secara simbolis telah menyerahkan BST kepada KPM yang berada di wilayah Kecamatan Batauga dan Sampolawa yang didampingi Kadis Sosial dan Camat Batauga.

Untuk penyaluran bantuan di wilayah Kecamatan Batauga dipusatkan di SMP Negeri I Batauga. Sedangkan untuk di Kecamatan Sampolawa dipusatkan di Gedung Tuani Sampolawa.

Arusani berpesan kepada KPM yang menerima bantuan kiranya bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, mengingat saat ini masih harus prihatin dalam menghadapi wabah Pandemi Covid-19.

Selain itu Arusani juga berpesan warga agar berperan aktif secara bersama-sama pemerintah memutuskan mata rantai penyebaran virus Covid19.

“Kita harus senantiasa jaga kebersihan lingkungan, kesehatan, ketentraman dan ketertiban dimasing-masing lingkungannya agar kita merasa tenang dan nyaman serta kita harus menjaga gizi pola makan yang teratur, ” ujarnya.

Kadis Sosial Busel H La Ode Taatlan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kementerian Sosial R.I yang telah mengucurkan bantuan bagi masyarakat miskin dan rentan serta terdampak Covid-19 yang berada di Kabupaten Buton Selatan. Sehingga BST tersebut dapat dimanfaatkan oleh KPM untuk keperluan kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, Nur Hardianti dan Haryadi sebagai pengelola kegiatan Bidang Pemberdayaan dan Penanganan Kemiskinan dan dibantu Korda Bansos BPNT-Sembako, Crew Operator SIKS-NG serta para TKSK sebagai Pendamping Bansos yang menjadi perpanjangan tangan Dinas Sosial Busel.

“Kami apresiasi dan terima kasih telah bekerja keras mengerahkan segala kemampuannya dari mulai pagi, siang dan malam demi suksesnya Program BST. Tantangan demi tantangan yang dihadapi oleh rekan-rekan kami baik dikantor Dinas Sosial dan di lapangan, dimulai dari Permintaan Data Kemiskinan dan data masyarakat terdampak Covid-19 yang tidak dapat memenuhi kebutuhan Dasar/Pokok kepada para Kepala Desa/Lurah, penginputan Data, sampai pada komplain masyarakt yang datang langsung  di kantor, kami hadapi dengan ramah, lapang dada dan kami layani secara profesional, ” ujar Haryadi.

Penyaluran BST tahap II via Pos Indonesia Baubau, Ranting Batauga dan Sampolawa dilaksanakan secara serentak pada Jum’at Tanggal 15 Mei 2020. Adapun untuk BST Tahap II melalui Pos Indonesia sejumlah 806 KPM. Yakni Kecamatan Batauga 11 Desa/Kelurahan sebanyak 511 KPM, Kecamatan Sampolawa 8 Desa/Kelurahan sebanyak 218 KPM, Kecamatan Kadatua 1 Desa sebanyak 27 KPM, Kecamatan Siompu Barat dua desa sebanyak 50 KPM. (aga)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top