Bupati Buka MTQ Keempat – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Bupati Buka MTQ Keempat

Bupati Buteng H Samahuddin mengangkat bendera start saat melepas kafilah dari tujuh kecamatan untuk Pawai Takruf MTQ

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Bupati Buton Tengah (Buteng) H Samahuddin secara resmi membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-4 tingkat Kabupaten Buteng tahun 2018 di Lapangan Labungkari Lakudo, Senin (5/2).

Pembukaan MTQ tersebut ditandai dengan penaikan bendera MTQ yang sebelumnya diawali dengan pawai ta’ruf diikuti ratusan kafilah dari tujuh kecamatan. Barisan pawai juga dilepas bupati dengan mengambil titik start di halaman kantor bupati dan finish di lapangan Labungkari, tempat berdirinya panggung MTQ.

Mengawali sambutannya, Bupati Buteng terlebih dahulu melantik 20 dewan hakim MTQ yang disaksikan Ketua DPRD Adam, Sekab La Ode Hasimin, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Buteng DR Mansur MPd, para Kepala SKPD, serta Danramil dan Kapolsek se Kabupaten Buteng.

“MTQ tingkat Kabupaten Buteng ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun dalam rangka menjaring para qori dan qoriah yang selanjutnya akan mengikuti MTQ ti tingkat provinsi,” terang Samahuddin.

Melalui pelaksanaan MTQ ini, bupati mengajak seluruh umat islam yang ada di Kabupaten Buteng untuk selalu menghidupkan perasaan cinta kepada nilai-nilai dan hikmah yang terkandung dalam Alquran, sehingga semboyan tiada hari tanpa baca Alquran dapat terwujud di negeri seribu gua.

“Mari kita tingkatkan upaya dalam melakukan pemberantasan buta huruf Alquran dengan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan bermasyarakat,” ajaknya.

Pada kesempatan itu, orang nomor satu di Kabupaten Buteng ini berpesan kepada qori dan qoriah yang akan berlomba untuk dapat mencurahkan semua kemampuan yang dimiliki, karena para juara akan dikirim untuk mewakili Kabupaten Buteng pada pelaksanaan MTQ ke-27 tingkat Provinsi Sultra di Kabupaten Buton Utara.

Sebelumnya, Ketua Panitia MTQ ke-4 tingkat Kabupaten Buteng DR Mansur MPd mengatakan, pelaksanaan MTQ kali ini berlangsung selama tiga hari (5-7 Februari 2018) yang diikuti para kafilah dari tujuh kecamatan yanga ada.

“Cabang lomba yang akan diperlombakan pada MTQ tingkat Kabupaten Buteng ini disesuaikan dengan banyaknya cabang lomba yang akan dilaksanakan di MTQ tingkat provinsi nanti di Kabupaten Butur 18-28 Februari 2018,” ungkapnya.

Adapun cabang lomba yang akan dilombakan yakni Tilawah, Hifzh Alquran, Tafsir Alquran, Fahmil Alquran, Syarh Alquran, Khath Alquran, dan Musabaqah Makalah Alquran (MKA).

“Para juara di MTQ Kabupaten Buteng ini akan kita training lagi supaya lebih siap menghadapi MTQ di tingkat provinsi. Kita berharap mereka yang mewakili kita nanti dapat memberikan yang terbaik dan mengharumkan Kabupaten Buteng dengan meraih juara,” harapnya. (uzi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top