Bupati Busel Teken MoU Bersama BTN – Butonpos
Suara Buton Selatan

Bupati Busel Teken MoU Bersama BTN

TEKEN: Didampingi Wakilnya H La Ode Arusani, Bupati Busel Agus Feisal Hidayat menandatangani nota kesepahaman dengan Kacab BTN Kendari untuk pembangunan rumah PNS dan warga kurang mampu

BUTONPOS.COM, BATAUGA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Selatan bersama BTN resmi membangun kerja sama untuk membangun perumahan PNS dan warga berpenghasilan rendah sebanyak 500 unit. Kerja sama ini ditandai dengan penandatangan memorandum of understanding (MoU) antara Bupati Busel, Agus Feisal Hidayat bersama Kacab BTN Kendari, R Bambang Hendro Tjahjo, di aula kantor bupati Busel, Selasa (10/10).

Agus Feisal Hidayat mengatakan, Pemkab mengapresiasi program pembangunan perumahan tersebut. Sebab, pengembangan pembangunan kawasan Busel ke depan sangat tepat. Hal ini dilihat dari posisi stategis Kota Baubau sebagai calon Ibukota Provinsi Kepton yang sangat berdekatan dengan Busel. Karena itu, pengembangan kawasan pemukiman Kabupaten Busel sangat strategis untuk pengembangan kawasan.

“Apalagi nanti kalau provinsi akan terbentuk, maka kebutuhan akan masuknya para pelaku usaha. Kondisi Busel ini sangat dekat dengan Baubau, jadi Busel ini memang akan menjadi kawasan yang strategis,” katanya.

Ia menyadari, kesulitan Pemkab belum menetapkan penataan tata ruang belum rampung.

Kendati begitu, harus memprediksi perkembangan daerah 5 sampai 20 tahun kedepan. Apalagi dalam posisi pada saat terbentuknya provinsi, maka beban dari pertumbuhan dan pengembangan pembangunan itu akan meningkat.

“Peluang itu harus sejak dini diprediksi. Sehingga dampak dari pertumbuhan itu bisa, baik dari kebutuhan jalan maupun perkembangan pembangunannya itu bisa dipenuhi berdasarkan penataan kawasannya dengan perencanaan yang baik,” tuturnya.

Agus berharap, dengan kerja sama ini bisa menjadi bagian dalam mengakselerasi perkembangan Busel kedepan. “Kami sukuri hari ini bank BTN sudah hadir. Tentu kami akan berkolaborasi secara baik lagi rencana untuk pengembangan perumahan,” ujarnya.

Kacab BTN Kendari, R Bambang Hendro Tjahjo mengungkapkan bahwa program ini adalah program sejuta rumah dari Presiden Jokowi. “Bank BTN dipercayakan oleh pemerintah pusat sebagai salah satu agen pembangunan atau bank BUMN untuk menyalurkan KPR Bersupsidi,” sambungnya.

Kata dia, program perumahan itu tak sepenuhnya untuk PNS saja. Tapi diperuntukan juga bagi masyarakat penghasilan rendah.

Ia merincikan, program ini ada subsidi dari pemerintah pusat nilainya sekitar Rp 9 juta diberikan kepada nasabah. Selain itu, kemudahan lainya, uang muka hanya satu persen, suku bunganya hanya lima persen, dengan jangka waktu sampai 20 tahun.

“Jadi asumsinya kalau golongan tiga itu bisa mendapakan bantuan Rp 5,8 juta. Kalau dari kementerian itu tambah Rp 4 juta. Jadi bantuan yang didapat itu bisa sampai 9,8 juta, golongan satu dan dua subsidi akan diberikan berkisar Rp 9,2 sampai 9,5 juta. Golongan empat itu Rp 8 juta,” ungkapnya.

Sementara pihak pengembang, Dirut PT Kapten Mustajab Kontrakindo, Adnan Mustajab berjanji akan melengkapi seluruh dokumen perizinan sesuai ketentuan perundang-undangan sebelum pembangunan perumahan itu dilaksanakan.

Rencananya, total perumahan yang akan dibangun 500 unit. Namun akibat lahan yang minim, hanya 5 hektar yang tersedia, sehingga baru bisa dibangun sekitar 200 unit di Kelurahan Busoa, Batauga. (aga)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top