Bupati Buteng Harapkan Nelayan Manfaatkan Bantuan Kapal 3 GT – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Bupati Buteng Harapkan Nelayan Manfaatkan Bantuan Kapal 3 GT

BUTONPOS.COM, BUTON TENGAH- Bupati Buton Tengah (Buteng) H Samahuddin menyerahkan bantuan 40 unit kapal nelayan dengan kapasitas 3 GT kepada para kelompok nelayan dari tujuh kecamatan yang ada di Kabupaten Buteng di Pelabuhan Lanto, Kecamatan Mawasangka Tengah (Masteng), Desember 2018 lalu.

Kapal 3 GT tersebut sudah dilengkapi dengan mesin 13,5 PK merk Honda, alat tangkap ikan berupa jaring, dan jaket pelampung. Penerimanya dari kelompok nelayan yang beranggotakan lima orang,

“Tolong bantuan kapal dan peralatan tangkap ikannya ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan pendapatan saudara-saudara, sehingga kesejahteraan keluarga nelayan dapat terwujud sesuai harapan pemerintah,” ungkap Samahuddin kepada para nelayan penerima bantuan.

Bupati mengingatkan, bantuan kapal tersebut jangan disalahgunakan, apalagi sampai menjual peralatannya. Sebab, kalau itu dilakukan akan bekonsekuensi hukum dan tidak akan lagi diberikan bantuan kedua kalinya.

Begitu pula jika tidak dimanfaatkan dengan baik, maka bantuan kapalnya akan dialihkan kepada kelompok lainnya yang juga membutuhkan. “Tolong Dinas Perikanan, pasca pemberian bantuan ini lakukan evaluasi dan pengawasan,” titahnya.

Orang nomor satu di Buteng ini menginginkan, bantuan yang diberikan dapat meningkatkan hasil tangkapan ikan, sehingga pendapatan sehari-hari para nelayan akan turut meningkat yang berimbas positif pada peningkatan kesejahteraan nelayan dan keluarganya.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Buteng, Muh Rijal mengaku bantuan 40 unit kapal berkapasitas 3 GT tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2018 senilai Rp 1,8 miliar lebih.

“Disamping untuk meningkatkan kesejahteraan para nelayan, kita harapkan dengan bantuan kapal 3 GT ini mereka lebih jauh menangkap ikan, sehingga tangkapannya seperti ikan Tuna lebih banyak,” harapnya.

Rijal menegaskan, para kelompok nelayan yang beranggotakan lima orang tersebut betul-betul
berprofesi sebagai nelayan, karena sudah melalui verifikasi lapangan langsung dari tim Dinas Perikanan Buteng yang dibentuk, sehingga bantuan yang diberikan benar-benar tepat sasaran.

Para penerima bantuan juga diwajibkan menandatangani perjanjian atau pernyataan jika bantuan yang diberikan tersebut akan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan fungsinya.

“Jika ada laporan tidak dimanfaatkan, maka resikonya bantuan tersebut akan kami tarik dan salurkan kepada kelompok nelayan lain yang lebih membutuhkan,” tegas mantan Kepala BKD Kabupaten Buteng ini.(uzi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top