Bupati Buton Laporkan SPT Pajak Pribadi – Buton Pos
Suara Buton

Bupati Buton Laporkan SPT Pajak Pribadi

BUTONPOS.COM, BUTON – Untuk memberikan teladan terhadap masyarakat, Bupati Buton La Bakry melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak pribadi kepada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Baubau yang berlangsung di ruang kerjanya, Rabu (20/3).

Kasi Pengawasan dan Konsultasi KPP Pratama Baubau, Ahmad Zainuri mengatakan, pihaknya menyambangi Kantor Bupati Buton bukan untuk menerima laporan SPT APBD, melainkan dari pribadi La Bakry atas penghasilannya selama satu tahun.

“Kalau APBD sudah selesai dari bulan Desember 2018 kemarin. Kontribusi Pemda Buton itu sekitar 36 miliar dalam satu tahun,” katanya ketika ditemui usai menerima laporan SPT dari La Bakry.

Adapun besaran pajak yang harus diterima negara dari La Bakry, Ahmad Zainuri enggan menyebutkan. Sebab, pajak pribadi sifatnya rahasia.

Sebagai gambarannya, jelas dia, besaran pajak pribadi disesuaikan dengan penghasilan dalam satu tahun. Mulai Rp 4,5 – Rp 50 juta, pajaknya 5 persen. Rp 50 – Rp 250 juta 15 persen, Rp 250-Rp 500 juta 25 persen, serta penghasilan di atas Rp 500 juta pajaknya 30 persen.

“Jadi kalau pajak pribadinya Pak Bupati diperkirakan saja berapa penghasilannya,” ujarnya.

Melalui kesempatan ini, Ahmad Zainuri mengingatkan kepada seluruh wajib pajak di Kabupaten Buton untuk segera menyampaikan laporan SPT pribadi sebelum 31 Maret 2019. Untuk lebih mempermudah, pihaknya telah menyiapkan pelaporan secara online melalui aplikasi e filing.

Sementara itu, Bupati Buton La Bakry ketika ditemui mengaku sudah tidak ingat persis berapa besaran pajak yang dalam laporan SPT pribadinya. Namu yang pasti, secara umum sudah tidak ada masalah.

“Saya sudah lupa lihat berapa angkanya, tapi yang jelas itu sudah koordinasi semua dengan pihak keuangan, bendahara atas seluruh apa yang menjadi aset dan kewajiban saya. Itu semua sudah termaktub, tapi angkanya saya tidak lihat persis tadi,” ujarnya.

Sebagai warga negara yang taat pajak, dia mengimbau seluruh masyarakat Kabupaten Buton lebih khusus ASN agar segera menyampaikan SPT pajak pribadi masing-masing kepada KPP Pratama Baubau sebelum 31 Maret 2019. “Lebih awal, lebih nyaman”. (man)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top