Bupati Butur Minta BPBD Siap Siaga Hadapi Bencana – Buton Pos
Suara Butur

Bupati Butur Minta BPBD Siap Siaga Hadapi Bencana

BERPOSE: Bupati Abu Hasan bersama pimpinan dan staf BPBD Butur.

BUTONPOS.COM, BURANGA – Bupati Buton Utara (Butur) Abu Hasan meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Butur untuk selalu siap siaga menanggulangi bencana.

Selain siap siaga bencana, pria berkacamata itu juga meminta kepada para pegawai lingkup BPBD untuk kompak, hindari konflik-konflik, mulai dari konflik dengan diri sendiri, pimpinan maupun staf.

“Berkarir dengan baik, mulai dari bawah, isi diri dengan kompetensi, pengetahuan, integritas, loyalitas. Terpenting harus siaga menanggulangi bencana,” imbau Abu Hasan, saat bertandang di kantor yang dinakhodai Yulrif Halir tersebut, Selasa (14/11).

Dalam kesempatan agenda tatap muka itu, Abu Hasan juga mengingatkan kepada pegawai BPBD untuk bersungguh-sungguh dalam bekerja, serta menghindari yang namanya bersantai-santai. Termasuk tidak boleh menghindari cibiran dan terakhir yang tidak bisa kita hindari adalah maut.

Abu Hasan menginventarisir bencana yang kemungkinan terjadi setiap tahun, utamanya pada musim penghujan yakni longsor dan banjir bandang. Hal ini didasari bila hujan turun di beberapa wilayah sering terjadi bencana banjir.

“Butur ini potensi air laut pasang yang mengakibatkan banjir, juga bencana tanah longsor utamanya di kecamatan Wakorumba Utara (Wakorut). Olehnya itu peralatan terus dipersiapkan sehingga sewaktu-waktu ada laporan kejadian bencana bisa segera melakukan tindakan,” jelas mantan Kepala Biro Humas Pemprov Sultra ini.

Selain itu, Bupati tak lupa mengingatkan dalam hal menyusun perencanaan kerja, harus sesuai dengan data-data yang ada.

Ia pun menyarankan, perencanaan bisa dikembangkan melalui data-data historis dari wilayah yang mengalami bencana berulang. Seperti banjir yang terjadi di Desa Lambale, Kulisusu Barat, beberapa waktu lalu.

“Perencana tidak boleh kerja sendiri, perlu didampingi oleh satu dua orang staf, mengingat keterbatasan-keterbatasan dan kendala yang dialami tiba-tiba,” pungkasnya.(m7)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!