Bupati Minta DPMD Monitoring Desa – Butonpos
Suara Butur

Bupati Minta DPMD Monitoring Desa

TATAP MUKA: Bupati Butur Abu Hasan di dampingi Kadis DPMD La Ode Muh Syafri, saat menggelar tatap muka dan berdialog bersama seluruh staf dan pegawai DPMD Butur

BUTONPOS.COM, BURANGA – Bupati Buton Utara (Butur) Abu Hasan menekankan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) untuk terus melakukan monitoring diseluruh desa.

Hal tersebut ditegaskan Abu Hasan saat melakukan tatap muka dan berdialog bersama seluruh jajaran dinas yang dipimpin La Ode Syafri tersebut, di aula kantor DPMD Butur, Kamis (12/10).

Sebab, lanjut pria berkacamata itu, tugas dan tanggungjawab desa cukup berat, itu disebabkan anggaran yang dikelola cukup besar. Sehingga peran serta dari instansi terkait (DPMD) sangatlah penting, terutama dalam percepatan pembangunan di desa.

Abu Hasan mengungkapkan, untuk mendorong desa agar berjalan sebagaimana mestinya, selain dengan kegiatan pembinaan, pelatihan maupun pendampingan, perlu ada program prioritas yang mesti djalankan.

Program itu yakni pengembangan produk unggulan desa (Prudes), membangun sarana olahraga desa (Raga Desa). badan usaha milik desa (BUMDes), membangun embung air desa.

“Dalam melaksanakan itu, harus pula dilakukan pengawasan oleh satuan kerja perangkat daerah dalam hal ini DPMD ataupun pihak kecamatan,” tegasnya.

Dalam mengawasi di lapangan, lanjut mantan kepala Biro Humas Pemprov Sultra, pihak DPMD harus melakukan koordinasi ditiap-tiap kecamatan, sesaat dan sesudah monitoring di Desa.

Disamping itu pula, apa yang menjadi poin-poin penting di desa harus dicatat yang nantinya akan menjadi bahan evaluasi.

“Jangan turun monitoring tangan kosong, setidaknya dibuatkan pembukuan, dicatat apa-apa yang menjadi poin penting dari hasil monitoring tersebut,” jelas Abu Hasan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD Butur, Roman mengungkapkan, pihaknya saat ini tengah melakukan monitoring di tiap Desa. Setidaknya dua kecamatan yakni Wakorumba Utara dan Kulisusu Utara sudah dilakukan monitoring.

“Dalam waktu dekat ini desa-desa di beberapa kecamatan di Butur akan kita lakukan monitoring,” ungkap Roman. (m7)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top