Bupati Optimis Sektor Pariwisata Meningkat – Butonpos
Suara Wakatobi

Bupati Optimis Sektor Pariwisata Meningkat

arhawi

BUTONPOS.COM, WAKATOBI – Ternyata bukan hanya keindahan bawah laut, keragaman budaya juga mampu mendorong peningkatan wisata Kabupaten Wakatobi. Hal tersebut disampaikan Bupati Wakatobi H Arhawi pada kegiatan HUT ke-14 Kecamatan Wangiwangi Selatan belum lama ini.

Arhawi mengatakan, sebagai daerah yang kaya dengan keragaman corak budaya berpotensi dongkrat kemampuan unggulan daerah. Kata dia, melihat potensi yang dimiliki tinggal perbanyak melakukan promosi.

“Kita berada pada sentrum kabupaten karena harus menjadi pelopor dalam bingkai agama dan budaya,” ujarnya, belum lama ini.

Lanjut dia, usaha nyata yang dilakukan pemerintah daerah mengangkat kearifan budaya lokal bukan tanpa alasan. Dan tidak terlepas untuk menjaga eksistensi daerah sebagai salah satu top destinasi wisata.

“Kita telah melakukan beberapa festival pulau-pulau. Festival Barata Kaledupa, Pulau Tomia, Tukang Besi di Binongko, dan hari ini kita telah melakukan Festival Wangiwangi,” terang Arhawi.

Menurut mantan wakil bupati Wakatobi itu, dengan dua kekuatan sektor pariwisata yang dimiliki daerah tidak ada alasan Wakatobi tidak dikenal dunia.

Selain itu, bagi Arhawi peran tokoh adat turut memberi warna perjalanan peradaban kebudayaan Wakatobi. Karena dirinya berharap dapat membangun kerjasama baik menjaga kelestarian budaya daerah. (p10)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top