Busel Bakal Gelar Festival Budaya, Dispar Konsultasi Dispar Buton – Buton Pos
Suara Buton Selatan

Busel Bakal Gelar Festival Budaya, Dispar Konsultasi Dispar Buton

Ilustrasi Festival Budaya

BUTONPOS.COM, BATAUGA – Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Pemkab Busel) bakal menggelar ivent budaya yang bertajuk Buton Selatan Festival. Rencananya, rangkaian kegiatan paraiwisata ini akan digelar Bulan November mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Busel, La Ode Harwanto menjelaskan event ini akan menampilkan kearifan lokal setempat yang merupakan tradisi warisan leluhur Buton Selatan. Salah satunya adalah Parade Perahu Tradisional. Dalam bahasa setempat di sebut Boti.

Selain itu, beberapa rangkaian kegiatan juga bakal dipertontonkan dalam event ini. Sebut saja, parade budaya, karnaval nelayan, pertunjukan adat, pemilihan Duta Pariwisata Busel, fashion show tenun Busel, pertunjukan musik dan tari kreasi, gerak jalan santai, lomba seni dan budaya, serta pemainan tradisional.

Ada juga, dalam event ini, tradisi pekande-kandea (makan bersama), posuo (pingitan), dan tari kolosal yang akan melibatkan anak-anak sekolah mulai dari tingkat SD sampai SMA. Juga ada tarian kolosal yang bakal diikuti seribu penari.

“Itu intinya. Kami mencoba untuk memperkenalkan kearifan lokal di Busel kepada khalayak ramai bahwa di Busel juga memiliki budaya yang masih dilestarikan oleh warga. Dan salah satu sarana untuk memperkenalkan itu adalah dengan menyelenggarakan event festival, yakni Buton Selatan Festival,” kata La Ode Harwanto kepada sejumlah wartawan saat kunjungan kerja di Dinas Pariwisata Buton, gedung B, Lantai II, Kompleks perkantoran takawa, Selasa (08/10).

Meski tergolong muda, Kabupaten pemekaran Buton ini tercatat telah tujuh kali menggelar ivent besar. Meskipun begitu, kegiatan festival budaya seperti ini merupakan pertama kalinya.

“Event besar ini pertama kalinya kami gelar. Festival ini merupakan bentuk keberpihakan Plt Bupati Buton Selatan yaitu Bapak La Ode Arusani terhadap perkembangan kepariwisataan di Buton Selatan seperti yang telah termuat dalam visi misi Pak Bupati,” kata mantan Kepala Badan Penaggulangan Bencana Busel ini.

Ivent ini, kata dia selain mengangkat kearifan budaya juga sebagai wadah untuk memperkenalkan pesona alam Busel. Misalnya, keindahan alam Pulau Ular, Pantai Bahari, permandian.

Tidak hanya itu, Harwanto menyebut puncak acara dari kegiatan ini nantinya akan menampilkan parade Boti yang merupakan perahu tradisional Busel.

“Busel adalah daerah maritim. Maka yang kita tonjolkan adalah karnaval nelayan dengan menggelar parade Boti yang akan diikuti minimal tujuh kecamatan,” katanya.

Menurutnya, sejauh ini pihaknya telah melakukan persiapan sekitar 50 persen.

“Untuk menyukseskan ini, semua pihak akan kami libatkan. Pemerintah Pusat, provinsi dan daerah lainnya kami akan undang dalam Buton Selatan Festival nantinya,” ujarnya. (cro2)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top