Busel Keciprat 7 Ton Benih Jagung – Buton Pos
Suara Buton Selatan

Busel Keciprat 7 Ton Benih Jagung

ilustrasi

BUTONPOS.COM, BATAUGA – Sebanyak 7 ton lebih, bibit benih jagung hibrida akan dibagikan kepada petani di tiga kecamatan di Kabupaten Buton Selatan tahun 2017 ini. Bantuan ini dari APBN melalui Kementerian Pertanian.

Plt Kadis Pertanian Busel, Muhammad Rais mengatakan, dari 7 toh itu akan ditanamai di lahan seluar 500 hektar lebih. Dan bantuan bibit jagung itu untuk kelompok tani di Kecamatan Batauga, Sampolawa dan Lapandewa.

Dijelaskan, potensi pertanian di wilayah Busel khususnya di wilayah daratan sangat luas. Hal ini didukung dengan sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai pertani.

“Bantuan dari pusat ada sebanyak 7 ton lebih untuk sekitar 500 hektar. Bibitnya sementara didrop tiga kecamatan (yakni) Sampolawa, Batauga dan Lapandewa,” kata Rais ketika dikonfirmasi melalui sambungan teleponnya, kemarin.

Menurutnya, dari penanaman bibit jagung ini akan ada efek domino. Yakni untuk bibit petani dan juga untuk bahan pakan ternak. “Kita berharap jika para petani sudah bisa menanam dengan baik, maka akan berkembang menjadi bibit ditahun berikutnya dan menjadi pakan ternak,” imbuhnya.

Dari jumlah 7 ton itu, akan dibagi sekitar satu hektar ada 15 kilo bantuan jagung kepada kelompok tani. “Efek domino kalau sudah bisa bisa ditanam, maka kedepan peternakan kita juga sudah bisa jalan,” jelasnya.

Untuk itu dia berharap, penyaluran bantuan bibit ini tepat sasaran kepada petani. Pihaknya juga berjanji akan melakukan pengawasan dan pendampingan kepada para petani agar bantuan itu benar-benar bermanfaat. (aga)



BERITA POPULER

Copyright © 2019 Butonpos

To Top