Buteng Diberi Kuota Terima CPNS – Butonpos
Suara Buton Tengah

Buteng Diberi Kuota Terima CPNS

LA ODE HASIMIN

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Setelah sebelumnya mendapat penilaian sebagai salah satu daerah yang dilarang merekrut CPNS dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), akhirnya Kabupaten Buton Tengah (Buteng) akan diberikan kuota untuk menerima CPNS.

Hal ini ditegaskan Sekretaris Kabupaten (Sekab) Buteng La Ode Hasimin, dengan mengatakan Pemkab Buteng telah masuk zona hijau atau kelompok daerah yang dibolehkan merekrut CPNS, jika moratorium atau penundaan penerimaan CPNS dicabut.

Masuknya Kabupaten Buteng dalam zona hijau itu, setelah dirinya bersama Ketua DPRD Buteng Adam, Kepala BKDD, dan Kadis Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) melakukan klarifikasi langsung ke KemenPAN di Jakarta, akhir Desember 2016 lalu.

“Rupanya ada data yang tidak konek di sana (KemenPAN, red). Mereka menganggap Kabupaten Buteng sudah cukup pegawainya yang dibuktikan dengan belanja aparatur 60 persen ke atas pada tahun anggaran 2015 lalu,” ungkap Hasimin.

Setelah pihaknya menjelaskan bahwa data tersebut merupakan data lama saat Buteng mekar, dimana ada penyerahan pegawai sekitar 2.420 orang dari induk Kabupaten Buton dan APBD Buteng pada saat itu masih sekitar Rp 235 miliar, pihak KemenPAN akhirnya mengerti dan kemudian merubahnya sesuai data 2016.

“Dengan penyerahan pegawai sebanyak 2.400-an itu yang hanya ditunjang APBD Rp 235 miliar, sudah pasti belanja pegawainya kita membengkak sampai 60 persen ke atas. Tapi setelah ada penarikan kembali pegawai ke induk dan banyaknya pegawai yang juga pindah wilayah kerja ke daerah lain, maka jumlah pegawai kita hingga akhir 2016 tinggal sekitar 1.800-an dengan kemampuan APBD Rp 600 milar lebih. Hasilnya belanja aparatur kita hanya 30 persen lebih,” jelasnya.

Sekab menuturkan, berdasarkan perhitungan Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK) 2016, Kabupaten Buteng masih kekurangan pegawai sebanyak 1.907 orang. Maka itu, KemenPAN memasukan Kabupaten Buteng sebagai salah satu daerah yang mewajibkan untuk merekrut CPNS. (uzi)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top