Buteng Miliki Kapal SAR – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Buteng Miliki Kapal SAR

Bupati Buteng, h samahuddin ikut memanjatkan doa syukur dan selamatan di dalam kapal SAR yang akan dioperasikan BPBD Buteng

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mendapatkan bantuan satu unit kapal cepat Search And Rescue (SAR) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) senilai Rp 2,4 miliar.

Sebelum diresmikan untuk beroperasi, kapal berkapasitas 150 pk dengan panjang 8,5 meter, lebar 2,5 meter, dan tinggi 2,5 meter itu diadakan syukuran dan doa selamatan saat berlabuh di Jembatan Lakudo, Jumat (12/1)

Acara khusus yang digelar di dalam kapal tersebut diikuti langsung Bupati Buteng, H Samahuddin, didampingi Sekab La Ode Hasimin, Asisten I La Saripi, Asisten III LM Mursal Zubair, Kepala BPBD Muhammad Yusuf, Kadis Kominfo La Ota, dan beberapa Kepala SKPD.

Bupati Samahuddin ditemui usai doa selamatan tersebut mengatakan bantuan kapal tersebut merupakan berkah dari Allah SWT yang wajib disyukuri setelah melelui lobi di pemerintah pusat.

Dia mengaku kapal SAR ini sangat bermanfaat sekali untuk Kabupaten Buteng sebagai daerah perairan.

Orang nomor satu di Kabupaten Buteng itu memuji Kepala BPBD yang mampu melobi di pemerintah pusat untuk mendapatkan bantuan kapal SAR tersebut.

“Saya kira Kadis seperti ini yang dibutuhkan Pemkab Buteng karena sangat menguntungkan daerah. Untuk itu saya berterima kasih kepada Kepala BPBD,” katanya.

Bupati juga meminta Kadis lainnya dapat cepat tanggap memanfaatkan dana pusat sesuai kebutuhan yang ada di dinasnya masing-masing untuk menunjang kegiatannya di lapangan.

“Sebenarnya pusat itu sangat mendukung kegiatan pembangunan daerah, yang penting maksud dan pemanfaatannya jelas dengan dukungan data yang valid,” pungkasnya.

Kepala BPBD Buteng Muh Yusuf menerangkan, bantuan kapal SAR ini diperuntukan buat layanan tanggap darurat atau rescue pada daerah-daerah perairan, seperti Kabupaten Buteng yang masuk dalam kawasan teluk.

“Sebenarnya kita minta dua unit, tapi yang dipenuhi baru satu unit. Mungkin tambahannya akan diberikan pada akhir tahun nanti. Satu unit kapal ini anggarannya sekitar Rp 2,4 miliar dalam bentuk hibah dari BNPB. Ini juga berkat komunikasi yang bagus dari pak bupati dengan Deputi Tanggap Darurat dan Bagian Logistik Peralatan BNPB,” bebernya.

Yusuf menerangkan, kapal SAR ini merupakan jenis speed yang digunakan untuk penyelamatan dalam kondisi yang berombak dengan tinggi hingga dua meter. Sementara mesinnya berjumlah dua unit, masing-masing berkapasitas 150 pk.

Sebelum kapal bantuan ini diberikan kepada Pemkab Buteng, ada pelatihan untuk tenaga yang mengoperasikannya. Pihaknya mengutus dua masyarakat Buteng setempat untuk mengemudikan kapal rescue ini.

“Kita berharap dengan bantuan ini, masyarakat yang menggunakannya akan merasa aman dan nyaman jika harus berlayar dalam kondisi cuaca yang kurang bersahabat, sesuai semboyan kita yakni tanggap, tangguh, dan tangkas,” tutupnya.(uzi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top