Buteng Siapkan Transmigrasi Baru di Tiga Kecamatan – Butonpos
Suara Buton Tengah

Buteng Siapkan Transmigrasi Baru di Tiga Kecamatan

samahudin tinjau lokasi transmigrasi

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Bupati Buton Tengah (Buteng) Samahuddin bersama tim dari Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi RI, meninjau langsung lokasi pembangunan transmigrasi lokal di Desa Kanapa-Napa, Kecamatan Mawasangka, Jumat (21/7).

Tim dari Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi tersebut terdiri dari para pakar ahli yang khusus mengidentifikasi lokasi transmigrasi lokal yang akan dibangun diatas area 250 hektar. Tim dipimpin Ir Zam-Zam Hanafia MSP yang merupakan ahli perencanaan wilayah.

Anggota tim terdiri dari Ir Nana Muliana MSi (Ahli Sosial Ekonomi Pertanian), Ir Bambang Eko Prabowo MP (Ahli Ilmu Tanah dan Geologi), Ir Fanul Hakim ST, Ir Nuryadi, dan Drs Turahman (Ahli Topografi).

Sebelum turun meninjau lokasi di lapangan, bupati dan para tim dari Kementerian Desa tersebut terlebih dahulu menggelar rapat pertemuan bersama masyarakat Mawasangka di aula Kantor Camat Mawasangka. Rapat tersebut difasilitasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Buteng bekerja sama dengan Camat Mawasangka.

Hadir dalam rapat tersebut Kapolsek Mawasangka, Danramil Mawasangka, Plt Kadis Nakertrans Andi Asnawati, Kadis Pertanian Makmur Sangkalibu, Plt Kadis Infokom La Ota, para Kades, dan tokoh masyarakat setempat.

Bupati Buteng Samahuddin dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para tim dari Kemneterian nDesa, PDT dan Transmigrasi di Kabupaten Buteng untuk mengidentifikasi calon lokasi transmigrasi lokal yang sudah disiapkan Pemkab Buteng di Desa Kanapa-Napa, Kecamatan Mawasangka.

“Pemkab Buteng dan masyarakat Mawasangka sangat mendukung penuh dan mengharapkan program yang akan diturunkan pada lokasi transmigrasi yang akan dibangun nanti. Tolong camat dan masyarakat dibantu dan difasilitasi serta dipermudah apa yang dibutuhkan para tim, karena mereka turun disini untuk kemajuan daerah kita,” harapnya.

Bupati menerangkan, sebagai daerah baru Kabupaten Buteng masih banyak membutuhkan sentuhan dan bantuan serta program dari pemerintah pusat di berbagai bidang dan sektor. “Program transmigrasi lokal ini sangat berdampak langsung dengan masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan mereka,” tukasnya.

Sementarai itu, Ketua Tim kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi RI Zam-Zam Hanafia dalam sambutannya mengatakan, program transmigrasi lokal yang akan dibangun di Kabupaten Buteng bukan hanya fokus pada penempatan transmigrasi dan perumahannya saja. Tapi lebih dari itu, sesuai dengan namanya ada peran pembangunan lainnya didalamnya.

Bahkan, bentuk perumahan yang akan dibangunkan bagi para peserta transmigrasi bukan seperti tahun-tahun sebelumnya berbentuk papan, tetapi dalam bentuk permanen seperti perumahan BTN yang bertipe seragam.

“Program transmigrasi di kabupaten Buteng ini kita akan bangun di kawasan tiga kecamatan, yakni Mawasangka, Mawasangka Tengah, dan Mawasangka Timur. Ada kawasan transmigrasi untuk wilayah pertanian dan kawasan transmigrasi nelayan,” terangnya.

Dalam kawasan transmigrasi tersebut, kementerian juga akan membangun fasiltas jalan, air, dan listrik. “Mudah-mudahan program ini akan membantu masyarakat lokal di Kabupaten Buteng untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraannya,” tutupnya. (uzi)

BERITA POPULER

To Top