Buton Aman dari DBD – Buton Pos
Suara Buton

Buton Aman dari DBD

BUTONPOS.COM, BUTON – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) dalam memberantas demam berdarah dengue (DBD) akhirnya berbuah manis. Dari 14 Puskesmas, tidak satupun yang melaporkan penyakit dari akibat gigitan nyamuk tersebut.

Kepala Dinkes Kabupaten Buton, Sumardi mengatakan, keberhasilan pihaknya diraih setelah gencar melakukan sosialisasi menguras, menutup, dan mengubur (3M) seluruh sumber berkembang biaknya nyamuk.

Kendati sepanjang tahun 2018 tidak ada laporan tentang penderita DBD, namun sosialisasi 3M hingga kini terus gencar dilakukan. Bagi pihaknya mencegah lebih baik dari mengobati.

Sumardi menjelaskan, selain 3M fogging atau pengasapan sarang jentik nyamuk juga efektif dalam memberantas DBD. Namun hal ini tidak dilakukan karena dari tujuh kecamatan Kabupaten Buton tidak ada yang terserang DBD.

“Di pusksmas-puskesmas itu sebenarnya kita sudah lengkapi dengan alat fogging. Kalau wabah besar, maka petugas kesehatan kami akan langsung melakukan pengasapan,” katanya.

Bahkan termasuk Dinas Kesehatan pun turut menyiapkan alat fogging untuk mencegah datangnya DBD yang menimpa suatu wilayah desa atau kecamatan. (man)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top