Buton Gelar MTQ ke-45 di Kapontori – Buton Pos
Suara Buton

Buton Gelar MTQ ke-45 di Kapontori

Plt Bupati Buton, La Bakry dan Kapolres Buton usai mengikuti pembukaan pelaksanaan Pawai Taaruf MTQ Buton ke 45 di Kecamatan Kapontori, Kamis 15 Februari

BUTONPOS.COM, KAPONTORI – Untuk pertama kalinya Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Buton digelar di Kecamatan Kapontori. Tentu pelaksanaan yang dimulai dari Kamis-Minggu (15-18/2) sangat berdampak positif buat masyakat di kecamatan tertua Buton itu.

Wabup Buton, La Bakry ketika diwawancarai koran ini mengatakan pelaksanaan MTQ ke-45 ini dalam rangka menyeleksi dan mencari peserta terbaik yang akan mengikuti lomba MTQ tingkat Sultra ke-27 yang digelar Maret mendatang.

“Sesudah pelaksanaan MTQ ini, bagi Hafidz, Hafizah, Qori, Qoriah terbaik akan di TC agar matang mengikuti MTQ tingkat Provinsi Sultra di Buton Utara bulan depan,” katanya.

Untuk diketahui, MTQ ini diikuti tujuh kecamatan, yakni Pasarwajo dengan kafilah 70 orang, Wabula 90 orang, Lasel 70 orang, Wolowa 60 orang, Lasalimu 150 orang, dan Siotapina 270 orang. Kapontori sebagai tuan rumah menurunkan personil 900 orang.

Sebagai tuan rumah, Camat Kapontori, Jufri Tandena menyatakan sangat siap dengan pelaksanaan ini. Menurutnya, aparatur pemerintah dan masyarakat menyediakan semua fasilitas yang dibutuhkan peserta dan panitia. Sehingga pelaksanaan MTQ dapat berjalan dengan lancar.

“Kami telah menyiapkan 40 unit rumah termasuk arena bertanding seperti masjid, kantor kecamatan, kelurahan, SMA, SMP untuk dipakai gedungnya. Apalagi pelaksananya bersamaan dengan hari libur, sehingga pelayanan tidak ada yang terganggu,” pungkasnya.

Sementara itu, di hari pertama MTQ sudah dilombakan hampir semua pertandingan. “Tinggal Syahril Quran, Musabaqah Makalah Quran dan Bintang Vokalis besok (Sabtu) baru dilombahkan,” ungkap Sekretaris Panitia MTQ, Abdul Wijaya Basri SSosI, kemarin.

Menurutnya semua lomba yang dilombakan di MTQ di Buton Utara sesuai penjelasan Kepala Kemenag Buton, Drs Mukhtar, sama dengan yang dilaksanakan di Buton. Seperti Lomba Tilawah terdiri golongan anak-anak, tartil, remaja, dewasa, Murotal, Mujawad.

Kemudian Tahfidz terdiri hafalan 1 Juz dan Tilawa, 5 juz dan tilawah, 10 juz, 20 juz dan 30 Juz hafalan. Lalu Tafsir Quran terdiri 3 golongan Tafsir bahasa arab, tafsir bahasa inggris dan tafsir bahasa indonesia. Syahril Qur’an putra putri, Fahmil Quran, Musabaqah Makalah Quran, serta Kasidah Bintang Vokalis terdiri anak anak remaja dan dewasa. (mal)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top