Camat Wadaga Gerakan Masyarakat Bersih-bersih Lingkungan – Buton Pos
Suara Muna

Camat Wadaga Gerakan Masyarakat Bersih-bersih Lingkungan

BUTONPOS.COM, MUNA BARAT – Baru tujuh hari dilantik sebagai Camat Wadaga, Kabupaten Muna Barat (Mubar), Abdul Razilu Kaaka mulai menyusun agenda bersama masyarakat. Kegiatan yang digaungkan mantan Kabid Perumahan, Dinas Perumahan dan Kawasan Terpadu itu, adalah Jumat bersih.

Jumat (11/1), Abdul Razilu menggalang masyarakat Desa Lakanaha dan Wakontu, melakukan bersih-bersih pinggir jalan poros Lakanaha-Marobea. Ratusan warga antusias membabat rumput yang sudah masuk di padan jalan dan menganggu pengguna jalan khususnya pengendara.

“Kegiatan bersih-bersih lingkungan ini sudah akan teragenda tiap Jumat. Hari ini (Jumat, red) giliran Desa Lakanaha dan Wakontu, yang bersih-bersih. Pekan depan warga Desa Katobu-Lindo dan Kampani, untuk bersih-bersih menuju permandian Hulu,” ungkapnya.

Menurutnya, kebersihan lingkungan desa harus terjaga dengan baik. Sehingga desa itu terlihat asri dan nyaman. Makanya para kepala desa (Kades) juga ditekankan untuk membudayakan masyarakat agar cinta dengan kebersihan.

“Kalau lingkungan bersih, masyarakat juga pasti sehat. Jauh dari penyakit. Kalau untuk poros Lakanaha-Marobea ini harus sering dibersihkan, untuk menjaga kenyamanan arus lalulintas. Jalan ini sudah ramai dilewati kendaraan. Kalau kondisi jalannya sudah banyak dihalangi rumput, rawan dengan kecelakaan,” ujarnya.

Selain bersih-bersih lingkungan, kata Razilu, setiap perbatasan antar desa akan dipasangkan tapal batas desa. Sebab, perbatasan itu acap kali menjadi pemicu konflik. Ia akan mengumpul para tokoh masyarakat desa untuk bersama-sama menentukan titik-titik perbatasan tiap wilayah.

“Saya harap agar seluruh masyarakat Kecamatan Wadaga, dapat berpartisipasi aktif dalam membangun desa. Kami dikecamatan akan membuka diri dengan siapapun jika ada masalah atau keluhan yang berkaitan dengan pembangunan desa. Kegiatan Jumat bersih ini, kita akan tetap budayakan tiap minggu. Ini juga bagian dari silaturahmi antar masyarakat desa, dan kecamatan,” tutupnya. (p5)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top