China Diserang Corona, Bawang Putih Mahal – Buton Pos
Metro Baubau

China Diserang Corona, Bawang Putih Mahal

BUTONPOS.FAJAR.CO.ID, BAUBAU-Kebutuhan bawang putih di Kota Baubau ternyata diimpor dari China. Akibatnya, pasokan bawang putih jadi terhambat lantaran wabah virus Corona menyerang negeri tirai bambu itu.

“Selama ini, bawang putih di Kota Baubau ini didatangkan dari China melalui Surabaya. Karena isu virus Corona itu, maka untuk sementara belum ada lagi yang masuk di Surabaya,” ungkap Kabag Ekonomi Setda Baubau, La Ode Ali Hasan, dikonfirmasi via seluler, Jumat (21/2).

Akibatnya, menurut Plt Direktur PDAM Baubau ini, pasokan bawang putih sudah sebulan terakhir ini belum masuk lagi di Kota Baubau. Bawang putih di pasaran saat ini merupakan stok lama.

“Sekarang ini harga bawang putih di Baubau masih berkisar Rp 60 ribu per kilogram. Normalnya itu Rp 25 ribu per kilogram. Fenomena ini sebenarnya bukan hanya di Baubau, tapi terjadi hampir seluruh Indonesia,” tukasnya.

Menurut informasi, kata dia, pemerintah berencana kembali membuka kran impor bawang putih dari China. “Jadi, masyarakat tidak perlu resah. Stok yang ada sekarang ini saya rasa masih cukup,” imbuhnya.

Sama dengan bawang putih, tambah Ali Hasan, bawang merah juga masih terbilang mahal juga di pasar-pasar se-Kota Baubau. Harganya bisa berkisar Rp 45 ribu per kilogram, normalnya Rp 20 ribu per kilogram.

“Bawang merah ini asalnya dari Bima Nusa Tenggara Barat. Kemungkinan disana hujan deras, lahan petani jadi banjir. Sehingga, belum ada lagi bawang baru yang masuk ke pedagang kita,” tandasnya.(exa)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top