Cinta Nabi Cinta Syariah Buton Utara, Teladani Muhammad Bangun Peradaban Mulia – Buton Pos
Suara Buton Utara

Cinta Nabi Cinta Syariah Buton Utara, Teladani Muhammad Bangun Peradaban Mulia

BUTONPOS.FAJAR.CO.ID, BUTON UTARA-Semarak Maulid bertajuk Cinta Nabi Cinta Syariah juga digelar di Masjid At Taufiq, Ereke, Buton Utara, Minggu (17/11). Pesan yang bisa dipetik antara lain, meneladani Nabi Muhammad SAW dalam membangun peradaban mulia.

Irwansyah Amunu, pembawa hikmah maulid menyatakan tiga momentum yang bisa digaris bawahi dari tanggal 12 Rabiul Awwal. Pertama, 12 Rabiul Awwal tahun gajah, lahirnya Rasulullah.

“Saat itu, api yang disembah umat majusi yang sudah ribuan tahun, padam. Kita berharap hal tersebut juga terulang sekarang, sistem sekularisme dan sosialisme yang mendominasi dunia akan dipadamkan dengan cahaya Islam,” bebernya di hadapan ratusan jamaah.

Kedua, 12 Rabiul Awwal 1 H, adalah peristiwa hijrahnya nabi ke Madinah. Seperti diketahui, melalui konsensus Piagam Madinah, Rasulullah mendirikan Negara Islam.

Nah, disinilah Rasulullah membangun peradaban mulia. Menggantikan bobroknya sistem jahiliyah dengan Islam.

Penerapan ideologi Islam melalui negara pernah berlangsung sekitar 14 abad lamanya, wilayahnya pernah meliputi 2/3 belahan bumi. Setelah era Rasulullah kepemimpinan dilanjutkan khulafaurasyidin, selanjutnya khilafah bani Umayyah, Abasiyah, dan Utsmaniyah.

Termasuk tanah Buton, masyarakatnya memeluk Islam setelah dakwah Syekh Abdul Wahid yang merupakan utusan Khilafah Utsmaniyah diterima Raja Lakilaponto. Saat itu, Buton secara revolusioner berubah menjadi kesultanan. Daerah ini kemudian juga digelari sebagai Negeri Khalifatul Khamis.

Terakhir, 12 Rabiul Awwal juga Rasulullah wafat. Sebelumnya, beliau sempat berpesan, jika umat ingin selamat, harus berpegang pada dua hal, Alquran dan Sunnah. Itulah yang akan mendatangkan kebahagiaan di dunia dan akhirat.(iwn)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Copyright © 2019 Butonpos

To Top