Corona Mengancam, Dinkes Deteksi dan Periksa Warga yang Masuk ke Buteng – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Corona Mengancam, Dinkes Deteksi dan Periksa Warga yang Masuk ke Buteng

PERIKSA: Petugas Dinkes Buteng memeriksa salah satu penumpang yang masuk di pelabuhan Wamengkoli, sebagai upaya deteksi dini virus corona agar tidak masuk di Buteng

BUTONPOS.FAJAR.CO.ID, BUTON TENGAH – Upaya pencegahan masuknya virus corona di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) gencar dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan puskesmas di daerah berjuluk negeri seribu gua itu. Mulai dari sosiaslisasi kepada masyarakat, hingga pemeriksaan deteksi virus corona di pintu masuk Kabupaten Buteng, seperti di pelabuhan-pelabuhan dan terminal angkutan penumpang.

Hal ini dilakukan sehubungan dengan meningkatnya penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta memperhatikan pernyataan resmi World Health Organization (WHO) yang menyatakan COVID-19 sebagai Pandemi Global.

Presiden Republik Indonesia, Jokowi, menyatakan Penyebaran COVID-19 sebagai Bencana Nasional (Bencana Non-Alam). Ditindaklanjuti dengan surat edaran dan himbauan Bupati Buteng H Samahuddin agar dinas terkait melakukan upaya-upaya pencegahan di Kabupaten Buteng.

Maka itu, Dinkes Buteng pada 10 Maret 2020, melaksanakan rapat internal dalam rangka pencegahan, pengendalian dan penanganan kasus COVID-19.

Kadis Kesehatan Kabupaten Buteng, Kasman, membeberkan rapat tersebut membahas langkah-langkah yang akan dilakukan oleh Dinkes.

Sebagai langkah awal, Jumat (13/3/2020), pihaknya memberikan informasi kepada masyarakat dengan memasang baliho di dua titik (Depan Puskesmas Lakudo dan Puskesmas Gu) dan dilanjutkan di Puskesmas Lainnya.

PERIKSA: Petugas Dinkes Buteng memeriksa para penumpang yang masuk di Terminal Lombe sebagai upaya deteksi dini virus corona agar tidak masuk di Buteng

“Informasi dan kegiatan tidak hanya dilakukan dengan memasang baliho, akan tetapi melalui petugas Puskesmas telah melaksanakan sosialisasi ke masyarakat di setiap kegiatan yang dilaksanakan puskesmas, deteksi dini di lima titik pintu masuk Buteng (Pelabuhan Wamengkoli, Pelabuhan Mawasangka, Pelabuhan Mawasangka Tengah, Pelabuhan Talaga Raya dan Terminal Lombe).

Kegiatan tersebut telah dilaksanakan sejak 16 Maret 2020 yang didahului dengan rapat bersama Kepala Puskesmas dan Dokter se-Kabupaten Buteng serta RSUD Buteng. Selanjutnya, 17 Maret 2020, masing-masing Puskesmas berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan dan Kepala Desa di wilayahnya masing-masing.

“Hari ini, Rabu (18/3/2020), teman-teman Puskesmas telah melakukan pemeriksaan dalam rangka deteksi dini terhadap orang yang masuk ke Buteng. Di Pelabuhan Mawasangka Tengah telah dilaksanakan pemeriksaan terhadap ABK dan penumpang kapal yang berlabuh. Di Pelabuhan Mawasangka dan Wamengkoli, dilaksanakan pemeriksaan terhadap penumpang yang masuk. Termasuk juga di Terminal Lombe dilakukan pemeriksaan,” beber Kasman. (uzi)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top