CPNS 2018, Usulkan Permberkasan NIP Sampai 28 Februari – Buton Pos
Nasional

CPNS 2018, Usulkan Permberkasan NIP Sampai 28 Februari

BUTONPOS.COM, JAKARTA – Hingga hari ini masih banyak instansi belum mengumumkan kelulusan CPNS 2018 dan baru empat yang mengusulkan pemberkasan Nomor Induk Pegawai (NIP).

Itu berarti masih ada 72 instansi pusat dan 525 pemerintah daerah (Pemda) yang belum mengajukan usulan pemberkasan NIP.

Dalam seleksi CPNS 2018, ada 76 instansi pusat dan 525 daerah yang membuka rekrutmen penerimaan pegawai baru. Sekitar 238 ribuan kursi CPNS yang disiapkan.

Karo Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengungkapkan, masih ada waktu dua bulan untuk mengajukan pemberkasan NIP. Tenggat waktu yang diberikan BKN adalah 28 Februari.

“Insyaallah tuntas semua nanti. Apalagi sudah 501 instansi yang siap-siap mengumumkan hasil kelulusan setelah itu masuk tahap pemberkasan,” ucapnya.

Adapun empat instansi yang sudah mengusulkan pemberkasan NIP adalah Kemenkumham, Kemenko Maritim, Kemenperindustrian, dan PPATK.

Ridwan berharap, setelah instansi mengumumkan, proses pemberkasan sebaiknya dipercepat sebelum tenggat waktu.

Sementara itu BKN sudah mempersilahkan 501 instansi pusat dan daerah untuk mengumumkan kelulusan CPNS 2018. “Validasi SKB instansi yang sudah mendapatkan digital signature (DS) kepala BKN ada 501 instansi,” kata Ridwan menjawab JPNN, Rabu (2/1).

Dia menjelaskan, instansi untuk status DS atau approval dari kepala BKN bisa cek secara mandiri di dashboard SSCN (sistem seleksi CPNS nasional) admin instansi masing-masing. Diharapkan instansi proaktif cek terus di dashboard-nya masing-masing.

“Ketika statusnya sudah di-DS, akan ada notifikasi ke instansi bahwa data sudah di-DS. Dan instansi dimohon untuk klik setuju/OK terkait pernyataan bahwa datanya sudah OK. Ketika instansi sudah menyetujui, maka instansi bisa mengumumkan ke publik mengenai status nilai dan kelulusan peserta yang dibuka di SSCN. Peserta juga bisa mengecek kelulusannya melalui SSCN,” jelas Ridwan.

Dia menambahkan, BKN tidak memiliki data mana saja dari 501 instansi tersebut yang sudah mengumumkan. Sebab, instansi tidak diwajibkan melaporkan ke BKN.

“Mereka enggak harus lapor makanya kami enggak tahu mana saja instansi yang telah umumkan. BKN hanya menunggu berkas usulan NIP,” tandasnya.

Penyampaikan usul penetapan atau pemberkasan NIP maksimal 28 Februari 2019. Proses menuju penetapan NIP baru diproses oleh BKN setelah berkas usulan diterima lengkap oleh BKN.

’’Ketepatan waktu instansi menyampaikan usul penatapan NIP turut menentukan waktu TMT (terhitung mulai tanggal, Red),’’ tuturnya. Perhitungan TMT itu juga terkait dengan dimulainya masa bekerja di lingkungan birokrasi.

Tahapan rekrutmen CPNS sudah memasuki tahap rekonsiliasi data. Antara nilai seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan nilai seleksi kompetensi bidang (SKB). Proses rekonsiliasi data nilai tersebut berlangsung sejak Rabu (19/12) hingga Jumat (21/12) lalu.

Proses rekonsiliasi yang digelar di Jakarta tersebut mengundang perwakilan dari 476 instansi daerah dan 75 instansi puast yang menggelar SKB. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mencocokkan data yang ada di BKN dengan data yang dimiliki oleh instansi masing-masing.(esy/jpnn)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Copyright © 2019 Butonpos

To Top