Daimler Gandeng Bosch Kembangkan Mobil Otonom Level Tinggi – Buton Pos
Ekobis

Daimler Gandeng Bosch Kembangkan Mobil Otonom Level Tinggi

BUTONPOS.COM, STUTTGART – Daimler sebagai induk perusahaan Mercedes-Benz merangkul Bosch mengembangkan teknologi kendaraan yang bisa melaju sendiri (otonom) dengan tingkat SAE Level 4 dan 5.

Sampai saat ini baru beberapa produsen yang mengembangkan mobil swakemudi pada level 4 masih jarang apalagi level 5 (tingkat paling tinggi).

Kini Daimler mencobanya. Mobil swakemudi pada level 4 merupakan kendaraan sudah dapat dikatakan otonom. Di mana, seluruh pengendalian sudah diambil oleh sistem, sehingga tidak diperlukan lagi campur tangan manusia. Namun tingkatan ini ternyata masih memiliki keterbatasan pada kondisi jalan dan lingkungan tertentu.

Melansir Carscoops, Minggu (11/11), Daimler dan Bosch memilih California sebagai lokasi percontohan untuk menguji coba armada pertama mereka.

Pada paruh kedua 2019, kedua perusahaan itu akan menawarkan kepada pelanggan sebuah layanan antar-jemput dengan kendaraan otomatis (otonom) pada rute yang dipilih di kota California.

Mereka akan menggunakan kendaraan Mercedes Benz S-Class sebagai armada. Bosch sendiri akan bertanggung jawab untuk menyediakan perangkat keras termasuk sensor, aktuator dan unit kontrol.

Daimler dan Bosch memang berniat untuk meningkatkan keselamatan jalan dan arus lalu lintas di kota California di masa depan.

Pada proyek itu, Daimler ingin menunjukkan salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh Daimler Mobility Service bisa memberikan pelayanan sama seperti saling berbagi kendaraan yakni Car2go, mytaxi dan moovel.

Senior Vice President of the Automated Driving Business Unit Robert Bosch GmbH Stephan Honle mengatakan, bahwa perusahaan belum menentukan berapa banyak kendaraan yang akan menjadi armada atau jam operasi mereka.

“Proyek percontohan ini merupakan peluang untuk mengeksplorasi bagaimana kendaraan otonom dapat membantu kami memenuhi kebutuhan transportasi masa depan dengan lebih baik,” ungkap walikota San Jose Sam Liccardo. (mg9/jpnn)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top