Dana BOS Sultra Triwulan III Cair Rp 114 M – Buton Pos
Suara Sultra

Dana BOS Sultra Triwulan III Cair Rp 114 M

ILUSTRASI

BUTONPOS.COM, KENDARI — Setelah dua kali berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra memastikan dana bantuan operasional sekolah (BOS) triwulan III yang sempat salah transfer akhirnya kini sudah masuk di kas umum daerah Pemrov Sultra.

Sejak Rabu kemarin, sekira Rp 114 miliar dana BOS sudah mulai dikucurkan ke rekening sekolah-sekolah penerima dana BOS. Diprediksi paling lambat Jumat (10/11) nanti transfer ke 17 kabupaten kota di Sultra sudah tuntas.

Hal itu disampaikan Manager Pengelolaan Dana BOS Dikbud Sultra, La Samahu. Dia memastikan proses pencairan dana BOS triwulan III sudah tuntas pekan ini.

“Alhamdulilah sekarang sudah aman. Kemarin (Selasa,red) sudah masuk semua di kasda, hari ini sudah kita tuntaskan 13 daerah, lanjut besok sampai lusa Insya Allah sudah selesai,” ujar La Samahu di ruang kerjanya, (8/11).

Mantan abdi negara di lingkup Pemda Muna ini menambahkan, masalah salah transfer itu memberi hikmah tersendiri bagi Sultra. Sebab selain dana BOS triwulan ketiga, triwulan ke empat pun ditransfer sekaligus.

“Dana BOS triwulan IV baru kita yang dapat sehingga setelah tuntas triwulan ketiga, minggu depan sudah bisa kita transfer triwulan IV ke sekolah-sekolah,” tambahnya.

Dia merinci untuk dana triwulan tiga total dana BOS itu Rp 114 miliar plus Rp 1 miliar dana kurang salur. Sementara untuk triwulan IV sebanyak Rp 115 miliar plus Rp 7 miliar cadangan.

“Untuk dana cadangan ini kalau tidak terpakai bisa kita simpan untuk 2018. Biasanya memang ada tambahan data penerima karena penerimaan siswa baru tidak bisa diprediksi, makanya ada namanya dana kurang salur,” jelas La Samahu.

Lebih dari itu, La Samahu berharap setelah pencairan dari provinsi ke rekening sekolah, maka pihak sekolah bisa sesegera mungkin menyalurkannya ke siswa. “Karena ini kita transfer berurut, waktunya berdekatan. Jadi harus segera disalurkan,” pungkasnya.(kp)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!