DD Buton Tahap Dua Terlambat Cair – Buton Pos
DESA BUTON

DD Buton Tahap Dua Terlambat Cair

alimani

BUTONPOS.COM, PASARWAJO – Hingga melewati pertengahan Oktober 2017, syarat pencairan Dana Desa (DD) termin kedua dari semua desa belum juga masuk ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Buton. Padahal realisasi pencairan seharusnya sudah dilakukan sejak September 2017 lalu.

Kepala DPMD Kabupaten Buton, Alimani mengatakan, terlambatnya pencairan disebabkan laporan realisasi DD termin pertama belum semua terkumpul. Minimal termumpul 60 persen dari 83 desa se Kabupaten Buton baru dapat dicairkan termin keduanya.

Selain itu, jelas Alimani, berubah-ubahnya format aturan dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU) menjadi kendala para kepala desa untuk membuat laporan pertanggung jawaban DD termin pertama.

“Terlambatnya pencairan ini karena kita diperhadapkan dengan laporan realisasi. Terus kemudian yang menjadi kendala bagi kepala desa untuk membuat laporan itu karena format aturan Kementerian PU itu selalu berubah-ubah,” jelas Alimani ketika dikonfirmasi, akhir pekan kemarin.

Berubahnya aturan dari Kementerian PU itu, lanjutnya, membuat laporan yang sudah dibuat menjadi tidak akurat. Sehingga terpaksa diribah kembali untuk disesuaikan dengan hal-hal teknis dan petunjuk terbaru.

“Jadi yang semestinya sudah bisa cair, ini kita mesti tunggu lagi pembuatan laporan,” ucapnya.

Kendati demikian, pihaknya tetap berupaya untuk segera merealisasikan pencairan. Para pendamping desa juga sudah turun lapangan untuk mendempingi kepala desa mempercepat pembuatan laporan.

“Tenaga pendamping kita sudah genjot untuk turun lapangan. Mudah-mudahan laporan secepatnya diselesaikan sesuai target,” harapnya.

Alimani optimis awal November 2017 DD tahap dua sudah bisa masuk ke rekening masing-masing desa. (man)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!