DD Tahap III Masih di Kasneg – Buton Pos
Suara Buton

DD Tahap III Masih di Kasneg

Yamin

BUTONPOS.COM, PASARWAJO-Dana Desa (DD) tahap III untuk 83 desa di Kabupaten Buton hingga kini belum dapat dicairkan. Pasalnya, masih tersimpan di kas negara (Kasneg).

Untuk menjolok pencairan dana tersebut ke kas daerah (Kasda), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton membutuhkan laporan realisasi penggunaan DD tahap I dan II. Namun syarat ini sekarang masih tengah dirampungkan pemerintah desa.

“Tahap I dan II sudah aman terkendali. Sekarang kita tinggal persiapan pengusulan tahap III dari kas negara ke kas daerah. Yang kita butuhkan itu adalah laporan realasasi penggunaan dana desa tahap satu dan dua,” kata Bendaraha Bantuan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Buton, Yamin, di ruang kerjanya, Selasa (17/09).

Dia menuturkan, DD tahap III yang berada di Kasneg masih sebanyak 40 persen dari total anggaran. Sedangkan tahap I dan II yang sudah dikucurkan ke desa-desa masing-masing 20 persen dan 40 persen.

Yamin mengaku, tak ada kendala selama proses pencairan tahap I dan II. Semua hampir berjalan mulus. Asal syaratnya lengkap, anggaran pemerintah pasti dikucurkan.

Untuk itu, terhadap proses pencairan DD tahap III, dia meminta para kepala desa (Kades) agar mempercepat laporan serapan dana desanya. Sebab yang diupayakan ini adalah bagaimana dana itu bisa masuk dulu ke kasda.

“Yang kita harapkan sekarang bagaimana dana itu bisa masuk dulu ke kas daerah. Makanya kita harus maksimalkan apa yang menjadi kekurangan kita. Tapi mudah-mudahan Oktober nanti sudah bisa masuk,” pungkasnya.(**)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Copyright © 2019 Butonpos

To Top