Desa Rahia Genjot Wisata Permandian Air Lakakaloto – Butonpos
Suara Buton Tengah

Desa Rahia Genjot Wisata Permandian Air Lakakaloto

lokasi permandian pertama

kolam permandian kedua

BUTONPOS.COM, DESA RAHIA – Kabupaten Buton Tengah tidak hanya terkenal akan wisata seribu guanya, namun juga wisata permandian air tawar. Seperti misalnya yang ada di Desa Rahia, Kecamatan Gu.

Desa ini terdapat salah satu destinasi wisata permandian air tawar yang masyarakat setempat menamainya permandian Lakakaloto.

Permandian ini bisa dibilang sangat jarang ditemui dipermandian lain. Pasalnnya, struktur bebatuan yang terbentuk dilokasi permandian begitu indah. Ketika pengunjung baru akan memasuki kawasan, pertama-tama akan disuguhkan dengan pemandangan tebing tinggi curam yang berada disamping kolam air (lokasi permandian memang berada di kaki tebing, red).

kolam ketiga

Berdasarkan pantauan butonpos.com, ada tiga kolam permandian yang ditawarkan buat traveler. Kolam pertama terdapat sebuah pohon ditengah-tengah kolam. Lalu, kolam kedua, memiliki kedalaman beberapa meter dan kolam ketiga lokasinya agak berada lebih tinggi dari kolam pertama dan kedua. Untuk kolam ketiga ini, biasa digunakan para pria saat mandi, jika tidak ingin berbaur dengan para wanita.

Soal infrastruktur, melalui DD tahun 2017 ini, pemerintah Desa Rahia tidak segan-segan menggelontorkan dana hingga ratusan juta buat pembangunan infrastruktur permandian Lakakaloto.

“Pertama kali dikerjakan tahap pertama DD 60 persen sekitar Rp 291 juta . Nanti akan dilanjutkan pada tahap 2 sekitar 100 juta lebih,” ungkap Kepala Desa Rahia, Andi Agus melalui Sekdes Rahia, Alimudin kepada butonpos.com ditemui di lokasi permandian, Rabu (11/10/17).

Kades berharap, melalui peningkatan sarana dan prasarana wisata air Lakakaloto, akan ada peningkatan kunjungan wisata didesanya yang berimbas pada peningkatan sumber Pendapatan Asli Desa (PAD).

“Harapan kita akan banyak kunjungan di desa kita, supaya orang lebih banyak berkunjung.
Nanti akan ada retribusi masuk yang bisa meningkatkan pemasukan PAD,” ujarnya. (po4)

Pintu masuk permandian

Click to comment

BERITA POPULER

To Top