Dewan Berhentikan Aktivitas Tambang PT Konutara Sejati – Butonpos
Ragam

Dewan Berhentikan Aktivitas Tambang PT Konutara Sejati

LA ODE MUTANAFAS

BUTONPOS.COM, KONUT – Persoalan tambang di Sultra belum juga menemukan solusi. Buktinya, hingga kini masih ada perusahaan tambang yang memegang IUP Operasi Produksi (OP) tidak memberikan jaminan reklamasi (Jamrek) untuk menata kembali lahan yang terganggu akibat aktivitas tambang tersebut. Apalagi, perusahaan-perusahaan yang sudah memegang IUP OP seperti PT. Konutara Sejati yang sampai hari ini belum menyelesaikan jaminan reklamasi. Imbasnya, DPRD Sultra mengeluarkan rekomendasi pemberhentian sementara aktifitas tambang.

“Kami sangat konsen menyoroti hal ini dan pada rapat dengar pendapat yang dilaksanakan beberapa waktu lalu 9 Oktober 2017 dengan menghadirkan Dinas ESDM, Dinas Kehutanan, Badan Lingkungan Hidup termasuk Manajemen PT. Konutara Sejati dan masyarakat Desa Marombo Pantai Kecamatan Langgikima Kabupaten Konawe Utara, tegas kami rekomendasikan pemberhentian sementara aktifitas tambang PT. Konutara Sejati sampai pihak perusahaan bersedia menyelesaikan kewajiban pembayaran Jaminan Reklamasi,” ungkap
Anggota Komisi 3 DPRD Sultra, La Ode Mutanafas.

Kata dia, perusahaan tambang wajib menyediakan dana Jamrek sesuai UU Minerba Nomor 4/2009 pasal 99 dan 100, tujuannya sebagai jaminan perusahaan.

“Negara seharusnya lebih superior dibandingkan pengusaha pertambangan. Dengan demikian, seharusnya negara dalam hal ini Pemerintah Daerah lebih tegas dalam melakukan pengawasan terhadap perusahaan tambang ‘nakal’ yang mengabaikan kewajibannya dengan tidak membayar reklamasi,” ujarnya.

Namun, lanjut Mutanafas, pemberian sanksi pada perusahaan tidak berarti turut menghapus kewajiban pemegang IUP untuk melaksanakan reklamasi, meskipun sanksi yang diberikan adalah pencabutan IUP tetap kewajiban reklamasi harus diselesaikan juga. Bahkan, langkah pidana bisa diambil jika terbukti ada pelanggaran sehingga perusahaan dapat di jerat UU PPLH nomor 32/2009 terkait dengan pidana lingkungan hidup. (po20)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top