Diduga Berpolitik Praktis, Dua ASN di Wakatobi Dilaporkan ke Bawaslu – Buton Pos
Suara Wakatobi

Diduga Berpolitik Praktis, Dua ASN di Wakatobi Dilaporkan ke Bawaslu

BUTONPOS.COM, WAKATOBI – Dua Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Wakatobi harus berurusan dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Kedua abdi negera tersebut, yaknu Harianto B dan Samsul Bahri.

Kedua pejabat tersebut dilaporkan ke Bawaslu atas dugaan terlibat kampanyekan Caleg DPRD Provinsi Sultra.

Dalam laporan itu, Samsul Bahri, mencantumkan foto Caleg pada story WhatsApp hendponenya.

Sedangkan Harianto B, memasang alat peraga kampanye (APK) Caleg di kediamannya, Kompleks Manugela, Kecamatan Wangiwangi.

Rahman Wahab Suailo selaku pelapor menerangkan, laporan tersebut merujuk pada UU ASN. Netralitas ASN. Dengan sanksi pemecatan dan penjara.

“PP No 53 tahun 2010, PP No 42/2004, dan PKPU 23 tentang kampanye dan Pemilihan Umum (pemilu), Yang telah dipertegas dalam surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia (RI). Terkait himbauan netralitas ASN. Namun hal itu tidak diindahkan oleh mereka,” terang dia.

Rahman Wahab Suailo menegaskan, Bupati Wakatobi selaku kepala daerah, harusnya menghimbau para ASN-nya agar menghindari politik praktis. Netralitas ASN saat-saat seperti ini mesti diutamakan.

“Jika hal ini terus berlanjut, maka akan sangat banyak ASN yang dikorbankan,” tandasnya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Wakatobi, La Ode Muhamad Arifin membenarkan keberadaan laporan kedua ASN tersebut. “Selanjutnya, kami akan tindak lanjuti,” singkat La Ode Muhamad Arifin. (m4)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top