Dieksekusi Mati, Kasus Tuti Tak Termaafkan – Buton Pos
Hukum

Dieksekusi Mati, Kasus Tuti Tak Termaafkan

BUTONPOS.COM, JAKARTA – Nasib Tutti Tursilawati begitu tragis. Vonis hukuman mati yang diterima dari pemerintah Arab Saudi tak termaafkan. Pemerintah Indonesia tak mampu berbuat banyak.

Kasus Tuti memang sangat menggemparkan. Pasalnya, vonis hukuman mati yang diterima luput dari perhatian pemerintah. Kementerian Luar Negeri, melalui Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemlu Lalu Muhammad Iqbal, berkata kasus yang menimpa Tuti sangat berat. “Hukumannya hadd ghillah atau mati mutlak yang tak terampuni,” ujarnya di Kantor Kemenlu, kemarin.

Dia mengungkapkan tindakan Tuti membunuh ayah majikannya, Suud Mulhak Al Utaibi, dilatarbelakangi pelecehan yang kerap diterimanya. Namun, pemerintah Arab Saudi menilai tindakan Tuti bukan bentuk pembelaan diri karena dilakukan tidak pada saat pelecehan berlangsung. “Sehingga Tuti dianggap melakukan pembunuhan berencana. Ini hukumannya berat,” tandas Lalu.

Lalu pun mengingatkan kepada TKI yang saat ini bekerja di Arab agar lebih berhati-hati. Jika mendapatkan perlakuan tak pantas dari majikan, kata dia, maka melapor ke KBRI. “Jangan dipendam. Ini bahaya. Seperti kasus Tuti. Kasusnya didiamkan sehingga dia pun tak mampu menahan emosi yang memuncak, namun oleh pemerintah Arab dianggap sebagai pembunuhan berencana,” katanya.

Sementara itu Menlu Retno Marsudi mengaku telah menyampaikan protes keras kepada pemerintah Arab. Ini lantaran pemerintah tak menerima pemberitahuan kekonsuleran resmi.”Setelah dieksekusi mati, laporan itu baru kita terima. Tepatnya 29 Oktober kemarin. Di situ dikatakan hukuman mati dilaksanakan pada pagi waktu setempat,” ungkapnya.

Retno pun telah melakukan protes dengan pemerintah Arab atas tindakan tersebut. Dia kecewa lantaran pelaksanaan hukuman mati terhadap Tuti dilakukan tanpa notifikasi kekonsuleran. “Pada saat saya bicara dengan Dubes Arab Saudi, dia menyatakan bahwa dia paham dan akan menyampaikan protes Indonesia kepada pemerintah Arab Saudi,” lanjutnya.

Selain menyampaikan kepada Dubes Arab Saudi, Menlu Retno juga menyampaikan protes dan keprihatinan tersebut kepada Menlu Arab Saudi Adel al-Jubeir. Pihak Kemlu juga telah mengunjungi keluarga almarhumah Tuti untuk menyampaikan secara langsung berita dukacita tentang hukuman mati Tuti.

(rdi/fin)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top