Dinas PU Mubar Miliki Alat Uji Kualitas Proyek – Buton Pos
Suara Muna

Dinas PU Mubar Miliki Alat Uji Kualitas Proyek

BUTONPOS.COM, MUNA BARAT – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Muna Barat (Mubar) secara perlahan-lahan mulai melengkapi fasilitas pengujian untuk mendeteksi kualitas proyek pembangunan. Alat-alat itu didatangkan sejak akhir tahun 2018 lalu.

Kepala Dinas PU Mubar, Ir. Karimin mengatakan, fasilitas yang didatangkan PU itu berupa CBR atau alat uji kepadatan jalan dan jembatan, menguji kekuatan beton, sondir, serta pengujian aspal. Alat-alat itu merupakan logistik kebinamargaan.

“Alat-alat kebinamargaan kita sudah ada. Sekarang ini sementara dibangunkan laboratorium. Hanya saja pembangunan laboratorium belum bisa dituntaskan satu kali karena keterbatasan anggaran. Jadi alat-alat itu belum terpakai,” ungkapnya.

Karimin mengaku menganggarkan pembangunan laboratorium baru sebesar Rp 1 miliar. Untuk menuntaskan gedung itu butuh tambahan dana lagi sekitar Rp 1 miliar. “Anggaran yang kita gelontorkan untuk pembangunan laboratorium itu baru Rp 1 miliar. Kalau mau tuntas semua butuh dana sekitar Rp 2 miliar,” jelasnya.

Fasilitas pengujian proyek dan bahan bangunan itu dibeli dengan belanja modal PU yang melekat pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2018, kisaran Rp 1 miliar lebih. Dengan adanya fasilitas ini, kedepan kegiatan pembangunan proyek akan diuji kualitasnya.

“Misalnya sondir, alat ini digunakan menguji kedalaman tanah untuk galian proyek pembangunan jembtan. Sebelum proyek jembatan dikerja dengan mengecor, maka dibuat silinder campuran dan diramu. Setelah itu diuji. Kalau memenuhi syarat, bisa digunakan,” pungkasnya. (p5)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top