Dinsos Buteng Serahkan Bantuan Korban Banjir di Desa Lakapera – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Dinsos Buteng Serahkan Bantuan Korban Banjir di Desa Lakapera

BUTONPOS.COM, BUTON TENGAH – Dua hari pasca banjir di Desa Lakapera Kecamatan Gu, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) datang menyerahkan bantuan tanggap darurat kepada 16 Kepala Keluarga (KK) korban dari banjir tersebut.

Bantuan berupa paket lauk pauk (128 kaleng sarden), 22 matras, dan 10 tenda diserahkan langsung Kadis Sosial kabupaten Buteng LM Zamrud, didampingi Kabid Perlindungan Jaminan Sosial Andy Nursin, disaksikan Kades dan Babinsa desa setempat, Kamis (10/1).

“Seharusnya bantuan yang biasa diserahkan kepada korban bencana alam seperti ini tidak hanya tiga macam itu saja. Harus ada makanan instan lainnya dan alat rumah tangga. Tapi karena stok bantuan di gudang kita kosong sejak akhir tahun kemarin, maka hanya itu sementara yang kita serahkan. Itu pun juga sudah kita minta dari provinsi pasca kejadian dan disana juga stoknya kosong,” terang Zamrud ditemui usai menyerahkan bantuan.

Bantuan stok 2018 untuk korban bencana, kata dia, sudah habis di gudang Dinsos Buteng. Pasalnya, sepanjang tahun 2018 beberapa kali terjadi bencana di Buteng seperti kebakaran dan angin puting beliung yang bantuannya sudah diserahkan kepada para korban bencana tersebut.

“Tapi saya sudah sampaikan kepada para korban banjir tadi, tolong terima apa yang ada dulu karena stok masih kosong. Mudah-mudahan bisa ditambah lagi kalau kita sudah laporkan kepada pak bupati,” timpal Zamrud.

Mantan Asisten II Setkab Buteng ini berharap, luapan air dari Kali di Desa Lakapera ini dapat ditanggulangi Pemkab Buteng melalui Dinas PU dan instansi terkait untuk memperlebar salurannya dan sampah-sampah yang menyumbat saluran air bisa dibersihkan.

“Disitu kan sudah dibuatkan talud Beronjong dari kawat yang membungkus batu. Potongan kayu yang hanyut tersangkut di kawat-kawat itu, sehingga sampah-sampah lainnya ikut tersangkut dan tersumbat. Akhirnya saat hujan dan ditambah kiriman air dari Kabupaten Muna membuat Kalinya meluap ke jalan dan rumah-rumah warga disekitarnya,” papar Zamrud.

Jika itu sudah dilakukan, Zamrud yakin tidak akan terjadi banjir lagi jika turun hujan di Desa Lakapera. “Lebih baik kita lakukan pencegahan seperti itu, dari pada mengatasi kalau sudah terjadi banjir lagiu,” harapnya.(uzi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top