Dinsos Sultra Gencarkan Penyuluhan Sosial di Majapahit – Buton Pos
Suara Buton Selatan

Dinsos Sultra Gencarkan Penyuluhan Sosial di Majapahit

Tim Dinsos Sultra didampingi Kadis Sosial Busel menggelar penyuluhan sosial di Majapahit. Foto IST

BUTONPOS.FAJAR.CO.ID, BATAUGA–Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tenggara lakukan penyuluhan sosial mengenai “penyandang masalah kesejahteraan sosial” (PMKS), potensi sumber kesejahteraan sosial (PSKS) dan menyangkut data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) di Kelurahan Majapahit, Kecamatan Batauga, Buton Selatan Senin, 24 Februari 2020.

Kepala Dinas Sosial Buton Selatan H La Ode Taatlan SH mengatakan, bahwa penyuluhan sosial ini sangat penting sekali dilakukan. Mengapa, karena di desa/kelurahan pada umumnya masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang masalah-masalah yang ditangani oleh dinas sosial.

Terutama menyangkut PMKS, PSKS dan DTKS. Saat ini pihak Kemensos RI melalui Dinas Sosial Sultra dan Dinsos Busel sedang gencar melakukan sosialisasi mengenai data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). “Karena DTKS ini adalah merupakan data base atau sumber data sebagai dasar pemberian bantuan sosial,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua Tim Penyuluhan Sosial dari Dinsos Provinsi Sultra Hj. Andi Ibitkri Abbas, SH MSi mengatakan, tujuan melakukan penyuluhan sosial ini adalah untuk memberikan edukasi. Pencerahan dan pemahaman terhadap masyarakat Kelurahan Majapahit khususnya. Dan umumnya masyarakat di Kabupaten Buton Selatan.

Agar memahami masalah- masalah sosial yang ada dilingkungan tempat tinggal mereka seperti adanya masalah keluarga fakir miskin. Lansia, jompo terlantar, penyandang disabilitas, anak terlantar, wanita rawan sosial ekonomi, eks warga binaan lembaga pemasyarakatan. Anak berhadapan dengan hukum dan masih banyak masalah sosial lain.

Dalam acara penyuluhan sosial ini juga masyarakat diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan tanya jawab, dan terbukti banyak masyarakat yang aktif bertanya menyangkut masalah-masalah sosial. Sehingga suasana di aula kelurahan Majapahit pun jadi ramai.

Warga tampak serius mendengarkan pemaparan materi penyuluhan sosial. IST

Kabid Linjamsos Busel La Hasifu, S.St, MSi menyampaikan, bahwa apabila menemukan masalah-masalah sosial yang ada dilingkunganya secepatnya masyarakat melalui lurah untuk segera melaporkan kepada instansi-intansi yang menangani masalah tersebut.

“Kalau yang menyangkut masalah sosial silahkan datang ke kantor, kami siap melayani,” ujarnya.

Ditempat yang sama Kepala Seksi Kelembagaan Sosial Haryadi, menyampaikan kepada masyararakat apabila mau mengajukan proposal bantuan sosial kiranya masyarakat harus mengecek terlebih dahulu apakah masuk DTS atau tidak. Apabila tidak masuk dalam DTKS bapak/ ibu tidak bisa diakomondir. “Termasuk untuk anak bapak/ibu yang mau mengurus kip/bidik misi,” ujar Haryadi.

Sosialisasi ini dihadiri Kepala Seksi Perencanaan Dinsos Sultra dan rombongan, Kepala Dinas Sosial Busel beserta jajaran eselon. III dan IV. Babinsa, Babin Kamtibmas Majapahit. Hadir juga tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda Majapahit.(man)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top