Disdik Buton Bakal Kaji Kembali Pelajaran Muatan Lokal – Buton Pos
Suara Buton

Disdik Buton Bakal Kaji Kembali Pelajaran Muatan Lokal

BUTONPOS.COM, BUTON – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Buton bakal mengkaji ulang penerapan mata pelajaran muatan lokal dalam kurikulum tingkat SD yang selama ini dinilai hanya condong kepada teori. Sementara tujuan utamanya adalah bagaimana menerapkan etika Kebutonan di lingkungan sekitar sebagaimana adat istiadat yang ditanamkan para leluhur.

“Anak-anak kita ini sekarang kalau berbicara dengan orang tua, saudara atau pimpinan kadang sudah tidak lagi memakai etika. Kenapa, karena mungkin selama ini muatan lokal hanya fokus pada teori saja, tidak disertai dengan penerapan etika,” kata Kepala Disdik Kabupaten Buton, Harmin, belum lama ini.

Dari pertimbangan tersebut, pelajaran muatan lokal sekarang akan disisipkan dengan nilai-nilai moral atau adat istiadat. Harapannya agar generasi penerus bangsa kelak lebih menjadi santun dan menghargai orang di atas usianya.

Muatan lokal yang disisipkan dengan nilai moral dan etika, tentu dapat memperkuat identitas bangsa di kalangan siswa sekolah. Apalagi dibarengi dengan pelestarian adat istiadat warisan neneng moyang.

“Kalau nilai-nilai moral sudah tertanam pada diri anak-anak, maka ke depan saat berbicara dengan saudara, orang tua maupun pimpinan mereka bisa menempatkan bahasa yang santun,” ujar Harmin.

Pengkajian ulang mata pelajaran muatan lokal ini sudah ditindak lanjuti dengan cara melakukan sosialisasi langsung kepada seluruh kepala sekolah tingkat SD se Kabupaten Buton. (rd)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Copyright © 2019 Butonpos

To Top