Disdukcapil Baubau Tunda Pelayanan e-KTP WNA – Buton Pos
Metro Baubau

Disdukcapil Baubau Tunda Pelayanan e-KTP WNA

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Baubau menghentikan sementara pelayanan pembuatan KTP Elektronik (e-KTP) bagi Warga Negara Asing (WNA). Penundaan ini menyusul ada instruksi dari Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“WNA memang bisa memiliki e-KTP. Tapi, untuk sementara kami dipending dulu sampai selesai Pemilihan Umum (Pemilu) 2019,” jelas Plt Kepala Dukcapil Baubau, La Ode Muslimin Hibali dikonfirmasi di ruang kerjanya, kemarin.

Ia menjelaskan, e-KTP bagi WNA memiliki perbedaan dengan WNI. Kolom kewarganegaraannya tetap tertulis WNA. Masa berlakunya pun disesuaikan dengan izin tinggal yang diberikan pihak imigrasi.

Penundaan layanan e-KTP WNA, kata dia, untuk mengantisipasi adanya WNA ikut terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu. “Karena ada kejadian di daerah-daerah lain itu, WNA masuk di DPT,” ujar Kepala BPBD Baubau ini.

Ia mengakui, beberapa waktu lalu, ada warga negara Korea yang coba mengajukan dibuatkan e-KTP. Namun, pihaknya belum bersedia melayaninya.

“Orang Korea itu tinggal di kilo 5, Kelurahan Kadolokatapi. Dia sudah delapan tahun tinggal di Baubau ini dan memiliki Kartu Izin Tinggal Tetap (Kitap),” ungkapnya.(exa)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top