Dishub: Idealnya Baubau Punya Tiga Terminal – Buton Pos
Metro Baubau

Dishub: Idealnya Baubau Punya Tiga Terminal

BUTONPOS.COM, BAUBAU-Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Baubau Wahyu mengakui idealnya Baubau memiliki tiga terminal angkutan massal tipe c. Tiga terminal yang dimaksud berlokasi di Pantai Nirwana, Lakologou dan Sorawolio.

Ketiga terminal ini bisa mengakomodir semua kendaraan di daerah sekitar Baubau seperti di Kabupaten Buton, Buton Selatan dan Buton Utara.

“Idealnya memiliki tiga terminal, satu di Pantai Nirwana untuk mengakomodir kendaraan dari Buton Selatan, kedua di bagian utara untuk mengakomodir kendaraan dari Kapontori dan Buton Utara. Dan ketiga di Sorawolio untuk mengakomodir kendaraan dari Kabupaten Buton,” kata Wahyu di Aula Kantor Wali Kota Baubau, beberapa waktu lalu.

Dulu Baubau memang pernah memiliki tubuh di Lapangan Tembak. Namun kini telah dikembalikan kepada pemiliknya yakni Kodim 1413/Buton.

Mengantisipasi angkutan umum untuk kendaraan angkutan antar kota, Pemerintah Kota sementara meminjam res area Warumusio dari Pemprov Sultra.

“Karena itu kami sementara meminjam Warumusio. Itu yang dibangun provinsi bukan untuk terminal tetapi untuk res areal. Tempat kendaraan singgah untuk makan dan minum serta membeli cendera mata dan lain-lain,” imbuh Wahyu.

Bila nanti jalan bypass sudah dapat digunakan, kata Wahyu, terminal Lakologou akan difungsikan sebagai terminal angkutan luar kota. Maka Warumusio akan dikembalikan sebagai res areal.

“Di Pantai Nirwana pemerintah sedang mengusahakan dan sementara sedang dibahas di DPRD, nantinya ada satu lagi terminal. Saat ini kami memang sudah membebaskan lahan seluas 60×60 meter di sekitar pantai sebagai tempat parkir bukan terminal. Terminal dibutuhkan minimal satu hektar, idealnya terminal tipe C yang dikelola pemerintah kota/kabupaten adalah dua hektar, tetapi kalau satu hektar itu sudah dibolehkan,” jelasnya.

Lebih lanjut Wahyu menambahkan, terminal tipe B memiliki luas lebih besar dari terminal C dengan fasilitas lebih lengkap dan dikelola oleh provinsi. Sementara tipe A dikelola oleh pemerintah pusat, ia mencontohkan seperti terminal Lebak Bulus di Jakarta.(ps)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top