Dispora Join Pengcab Jaring Atlit Karate – Buton Pos
Metro Baubau

Dispora Join Pengcab Jaring Atlit Karate

Dinas Dispora, Beberapa Wasit Pengcab dan Para Atlit berfoto setelah penerimaan Hadiah pada seleksi karate

BUTONPOS.COM, BAUBAU- Dinas Pendidikan dan olahraga Kota Baubau bekerjasama dengan Pengurus cabang (Pengcab) Karate Baubau, dalam rangka evaluasi peningkatan latihan serta menjaring potensi Atlit Karete-Do untuk persiapan Porda beberapa bulan kedepan, (10/8)kemarin.

Adanya ajang bergengsi dan pencarian bakat atlit Karate-Do tersebut, digelar di Aula Kotamara. Kegiatan tersebut, diikuti sebayak kurang lebih 50 orang peserta dengan mempertandingkan Kata (Jurus) dan pertandingan individu atau perorangan yang di lakukan dalam lapangan (Kumite).

Saat ditemui di Aula Kotamara Kabid Keolahragaan Asrul SH, mengatakan,
ini adalah salah satu program dari Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dispora) Kota Baubau. kegiatan ini melibatkan para atlit yang masih berstatus bersekolah dan Pengurus Cabang (Pengcab) Karate-Do Baubau.

“Kami menyurat kepihak Pengcab Karate, karena untuk Dispora sendiri belum memiliki wasit dan juri. Sehingga ini merupakan kerjasama antara Dispora dengan pihak Pengcab Karate-Do dalam rangka peningkatan potensi Atlit Karate,”ungkap Asrul.

Sambungnya, sedangkan untuk hadiah para atlit pada pertandingan hari ini, para juara yang mendapatkan juara akan mendapatkan medali, trophi dan uang sebagai salah satu motivasi untuk seluruh atlit Karate-Do sebagai salah satu peningkatan semangat dalam bertanding.

“Karena pertandingan ini merupakan jawaban dari semua calon atlit Karate yang setiap saat melakukan latihan, namun tidak ada media untuk mengukur potensi selama ditempa. Sehingga adanya pertandingan ini, sebagai salah satu mencari bibit atlit dalam menyonsong porda beberapa bulan kedepan,”pungkasnya.

Ketua Bidang Binpres Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Sultra Safiudin, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan pertandingan Karate yang diadakan oleh Dispora Baubau. Selain mengadakan suatu ajang pertandingan Karate, juga sebagai salah satu evaluasi latihan para atlit beberapa waktu lalu.

“Kegiatan ini, juga bisa sebagai ajang evaluasi semua atlit karate khsususnya dalam menyongsong persiapan Porprov. Kemudian mengevaluasi beberapa cabang olahraga didalam Forki yang aktif dan yang terpenting adalah sebagai bahan persiapan menyambut momentum Porda,”imbuhnya.

Safiudin yang juga sebagai salah satu Komisi Wasit di Pengcab Karate Baubau menambahkan, menjelang Porda, setiap atlit harus mempersiapkan latihan Fisik di enam bulan kedepan. Juga mempertajam teknik bertahan dan mencari poin, serta peningkatan Skill dan speed dalam setiap ajang pertandingan untuk meraih poin sebanyak-banyaknya.

“Karate pada prinsipnya tidak terlalu rumit dan harus siap dimana saja dan ada kemauan dari semua calon atlit serta para pelatih. Peningkatan jam terbang untuk semua atlit seperti banyaknya Try Out untuk para atlit baik ditingkat Provinsi maupun ditingkat nasional,”tandasnya.

jadi step by step kita banyak perbaiki animo pelatih dan atlit serta peningkatan daya tahan tubuh serta latihan memperbaiki teknik latihan
harapan yang pertama semoga setiap atlit Karate yang ada di Kota Baubau selalu disiplin, juga dukungan yang besar dari orang tua serta pemerintah daerah dalam memberikan dukungan moril serta suport untuk peningkatan semangat prestasi

Perlu diketahui, dalam pertandingan Karate hari ini yang digelar di Aula KOta Mara, banyaknya siswa yang mengikuti kegiatan pertandingan ini berjumlah kurang lebih 50 orang. Dalam pertandingan Karate tersebut dipertandingan Kata dan Kumite dengan kelas pertandingan masing-masing 50 Kg, 60 Kg,70 Kg dan seterusnya.(m4)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top