Distributor ‘Impor’ 20 Ton Bawang ke Baubau – Buton Pos
Metro Baubau

Distributor ‘Impor’ 20 Ton Bawang ke Baubau

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Sekitar 15 ton bawang merah dan lima ton bawang putih masuk ke Kota Baubau dalam beberapa hari terakhir. Bahan bumbu dapur tersebut dimasukkan distributor dari luar daerah.

“15 ton bawang merah ini masuk ke Kota Baubau tiga hari lalu. Itu dari dari Nusa Tenggara Timur (NTT),” ungkap Kabag Ekonomi Setda Baubau, La Ode Ali Hasan dikonfirmasi wartawan, Selasa (14/5).

Sedangkan lima ton bawang putih, kata dia, merupakan barang dari Kota Makassar Sulawesi Selatan yang diangkut melalui kapal Dharma Ferry, Senin (13/5) sore. Saat ini, bawang tersebut sudah dilempar ke pasar di Kota Baubau.

“Jadi, distributor yang masukkan bawang ini di Baubau. Kita dari Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) hanya sebatas mengkomunikasikan agar distributor cepat mendatangkan barang itu,” ujarnya.

Plt Dirut PDAM Baubau ini menjelaskan, tujuan mendatangkan bawang itu lebih cepat adalah menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok masyarakat dan ketersediaan stok.

“Alhamdulillah, sampai dengan hari kita punya stok bawang putih tidak kurang. Tapi, memang masih mengalami gejolak kenaikan dari Rp 25 ribu per kilogram, kini sudah hampir Rp 100 ribu per kilogram di Baubau. Ini kenaikkan secara nasional, bukan hanya Baubau,” ulasnya.

Ali membeberkan, dalam waktu beberapa hari kedepan, sekitar 25 ton bawang kembali masuk ke Baubau melalui kapal kontainer dari Surabaya Jawa Timur. “Tapi, itu kita akan salurkan juga ke wilayah Kepulauan Buton, Muna, Bombana termasuk Ambon dan Taliabu. Mereka sudah pesan sama kita,” tambahnya.(exa)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top