Dokumen KUA-PPAS belum Masuk, DPRD Maraton Tetapkan APBD 2018 – Buton Pos
Metro Baubau

Dokumen KUA-PPAS belum Masuk, DPRD Maraton Tetapkan APBD 2018

ahadyat zamani

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau belum juga menyerahkan dokumen Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS). Situasi ini bisa membuat penetapan APBD 2018 melewati batas yang ditentukan.

Dalam pasal 321 ayat (2) UU nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sudah menyiapkan sanksi jika APBD induk ditetapkan melewati 30 November. Sanksi administratif itu berupa tidak dibayarkannya gaji bagi kepala daerah dan anggota DPRD selama enam bulan lamanya, tergantung pihak yang membuat penetapan terlambat.

Anggota Banggar DPRD Baubau, Ahadiyat Zamani mengatakan, sebenarnya pembahasan KUA-PPAS 2018 sudah diagendakan. Namun, karena Pemkot belum menyerahkan dokumennya, terpaksa pembahasan harus dijadwalkan ulang.

“Mungkin karena pemerintah juga belum siap, masih ada yang perlu dilengkapi, jadi molor. Otomatis nanti kita akan agendakan ulang,” jelas Ahadiyat di kompleks DPRD Baubau, Senin (13/11).

Legislator Partai NasDem ini tak menampik UU Pemda sudah mengamanahkan pengesahan APBD induk itu normalnya paling lambat akhir November. “Di dalam aturan itu memang ada sanksi dan itu sudah harus berlaku kalau nanti memang bermasalah dalam hal ini terlambat,” ujarnya.

Menurutnya, jika melihat posisi sudah pertengahan November belum juga masuk dokumen, maka eksekutif dalam hal ini Pemkot Baubau yang berpotensi membuat pengesahan APBD 2018 terlambat.

“Kalau pemerintah telat memasukkan dari jangka waktu yang ada akibatnya pembahasannya molor, otomatis dari pihak pemerintah kena sanksi. Kita tingin itu, kita upayakan kooperatif,” kata dia.

Menurutnya, pada dasarnya dokumen KUA PPAS yang sudah tersusun bagus, maka untuk lanjut ke pembahasan batang tubuh tidak membutuhkan waktu lama. Tetapi mengingat waktu yang sudah semakin mepet, maka pihaknya berharap kerjasama Pemkot agar nantinya selalu hadir setiap diundang dalam pembahasan.

“Begini tentu kita upayakan sedapat mungkin kita on time. Bisa saja nanti satu minggu itu termasuk malam kita manfaatkan. Jadi kita kerja maraton,” tandas dia. (exa)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!