DPMD Butur Evaluasi APBDes 2019 – Buton Pos
Suara Butur

DPMD Butur Evaluasi APBDes 2019

BUTONPOS.COM, BUTON UTARA – Evaluasi anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) tahun 2019 di Kabupaten Buton Utara (Butur) terus berlangsung. Dari 79 desa, tercatat sudah ada beberapa desa yang telah selesai dievaluasi.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Butur, La Ode Syafri melalui Sekretaris DPMD Hazamuddin Hamdan, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (11/03).

Hazamudin menerangkan, evaluasi APBDes ini mengacu pada Permendagri 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa dengan tujuan untuk melihat kesesuaian antara perencanaan desa yang termuat dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa dengan Rancangan APBDes sebagai pedoman penyusunana APB Desa.

Disamping itu lanjut dia singkronisasi kebijakan Pemda Butur dengan kewenangan desa dan RKP. Prinsip penyusunan APB Desa, kebijakan penyusunan APB Desa, teknis penyusunan APB Desa, dan hal khusus lainnya.

“Semua program dan kegiatan yang dibiayai melalui Dana Desa harus mengacu pada Permendes PDTT Nomor 16 tahun 2018 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2019,” terangnya.

Ditambahkannya dalam evaluasi APBDes dilihat tentang pembangunan desa, penyelenggaran pemerintahan, pembinaan kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat dan pendanggulangan bencana.

“Kemudian disesuaikan dengan program Pemda Butur. misalnya 10 persen Bumdes yang dibiayaai Dana Desa. Seperti yang kami evaluasi ada Desa yang tidak anggarkan Bumdes. Jadi kita mintan untuk dianggarkan. Karena termuat dalam Perbub No 26,” tandasnya. (m7)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top