DPMD Wakatobi Antisipasi Keterlambatan Pencairan DD – Butonpos
Suara Wakatobi

DPMD Wakatobi Antisipasi Keterlambatan Pencairan DD

la ode husnan

BUTONPOS.COM, WAKATOBI – Bulan kemarin, pencairan Dana Desa Kabupaten Wakatobi tahap pertama mengalami keterlambatan. Penyebabnya karena pemerintah desa lambat melaporkan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) realisasi serapan anggaran.

Tidak mau mengulangi kejadian serupa pada tahap II, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Wakatobi segere merampungkan SPJ. Karena menargetkan pencairan bulan ini.

“Dari tahun ketahun seperti itu. Pencairan kembali ke pusat, sehingga kita juga terlambat pencairan-pencairan kemarin. Seharusnya di bulan Mei nanti di Juni pencairan tahap 1, akibat dari laporan pertanggungjawaban yang belum selesai,” papar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Wakatobi La Ode Husnan di ruang kerjanya, Kamis (12/10).

Agar efektif sambung dia, minggu ini pihaknya akan perbanyak lakukan monitoring langsung di lapangan. Dengan begitu, tidak ada alasan pemerintah desa lambat menyusun SPJ-nya.

“Makanya saya upayakan sekarang kejar waktu untuk tepat waktu,” jelas La Ode Husnan.

Menurut Husnan, jika pencairan alokasi DD terus mengalami keterlambatan, bukan hanya pembangunan desa yang terhambat. Tetapi sebagai dinas yang bertanggungjawab megontrol sekaligus mengawasi desa Wakatobi juga ikut gagal.

“Seiring dengan itu siapanya sistem bagaimana meningkatkan sumber daya manusia yang ada di desa, karena ini faktor sumber daya saya pikir,” katanya.

Ia juga akaui, salah satu alasan terlambatnya penyusunan SPJ selama ini, karena Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di desa masih minim. Artinya, masih banyak pemerintah desa yang belum paham menyusun SPJ. (p10)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top