DPRD Busel Bimtek Pemilu di Makassar – Buton Pos
Suara Buton Selatan

DPRD Busel Bimtek Pemilu di Makassar

la witiri

BUTONPOS.COM, BATAUGA – Anggota DPRD Busel mengikuti bimbingan teknik (Bimtek) tentang pemilihan umum (Pemilu) serentak legislatif dan presiden 2019, di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Sebagai pemateri adalah DR H Ilham Holik, akademisi pasca sarjana pada salah satu perguruan tinggi di Jakarta dan juga pemerhati KPU Jakarta.

Bimtek ini berlangsung sejak 9 hingga 12 November besok di Grand Town Hotel Makassar. Materi DR Ilham Holik mengupas UU No 7 tahun 2017 tentang Pemilu yang mengatur penyelenggaraan Pilpres dan pemilihan anggota DPR, DPD dan DPRD secara serentak 2019 mendatang.

Menurut dia, dalam UU No 7 tahun 2017 banyak perubahan dalam penyelenggaran Pemilu 2019 nanti, diantaranya, berkurangnya jumlah penyelenggara Pemilu (KPU). Sebelumnya anggota KPU lima orang dan akan berkurang menjadi tiga orang. Demikian pula anggota Bawaslu 3 orang hingga tingkat kecamatan dan desa/kelurahan, serta sebelumnya Panwas jadi Bawaslu.

Materi lain, yakni simulasi pembagian Dapil di Busel, analisa pertama empat Dapil, tiga Dapil dan dua Dapil. Termasuk annalisa perolehan kursi di DPRD. Termasuk analisa pembagian Dapil dan untung ruginya.

“Tapi ini hanya analisa perolehan suara DPRD, ” ujarnya seperti dikutip La Witiri, salah seorang anggota DPRD Busel melalui press releasenya, kemarin.

Disebutkan pula, Parpol yang sudah lolos verifikasi factual hanya 18 Parpol. Diantaranya, empat Parpol baru yang lolos. Dibahas juga jadwal pelaksanaan Pemilu, keterwakilan gender 30 persen.

Ilham Holik juga mengulas ada sebagian materi UU Pemilu yang masih digugat di Mahkamah Konstitusi (MK). “Jadi UU Pemilu belum seluruhnya final akan digunakan pada Pemilu 2019,” tandasnya. (aga)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!