Dua Napi Kabur Serahkan Diri – Buton Pos
Metro Baubau

Dua Napi Kabur Serahkan Diri

Ilustrasi

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Ahmad Kamaruddin (30) dan Abdul Aziz (29) akhirnya menyerah dari pelarian. Dua Narapidana (Napi) yang sempat kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Baubau itu menyerahkan diri di Kota Kendari Sulawesi Tenggara, Jum’at (23/8) sekitar pukul 17.00 Wita.

“Mereka berdua sukarela menyerahkan diri dengan syarat dijemput di suatu tempat di Kendari,” ungkap Kepala Lapas Kelas IIA Baubau, Wahyu Prasetyo dihubungi wartawan, Minggu (25/8).

Setelah diamankan, jelas dia, pihaknya langsung memindahkan kedua Napi tersebut ke Lapas Kendari. “Mereka kabur dari Baubau lalu menyeberang ke Tolandona Kabupaten Tengah, ke Muna Barat hingga ke Kendari,” bebernya.

Menurut Wahyu, Ahmad Kamaruddin alias Aco dan Abdul Aziz nekat melarikan diri tahanan karena resah terlilit utang dengan sesama Napi di Lapas Baubau. “Kedua-duanya ini memiliki utang dengan temannya sesama Napi,” imbuhnya.

Ia menguraikan, Aco adalah terpidana tiga tahun penjara kasus penipuan. Kurang lebih empat bulan lagi, Aco sudah berhak mengajukan pembebasan bersyarat, karena sudah menjalani hukuman setahun lebih.

Sedangkan Abdul Aziz, terang dia, merupakan terpidana penggelapan yang dihukum sembilan bulan penjara dan sudah menjalani sekitar empat bulan. Aziz dua bulan lagi sudah bisa ikut program cuti bersyarat.

“Karena melarikan diri ini merupakan pelanggaran berat, maka hak-haknya itu akan dicabut. Tindakannya melarikan diri itu kita register sebagai pelanggaran tata tertib,” tandasnya.

Atas kejadian ini, tambah Wahyu, pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap sistem pengamanan di internal Lapas Baubau. “Petugas yang lalai hingga menyebabkan Napi itu kabur akan diproses sebelum diberikan sanksi,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Aco dan Aziz melarikan diri dari Lapas Baubau pada Rabu (21/8) sekitar pukul 02.30 Wita lalu. Keduanya, memanjat pos yang tidak ada petugas penjaga memanfaatkan kabel penangkal petir lalu turun dari tembok sisi luar pakai selimut. (exa)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top