Dua Rumah Ludes Dilalap Api – Buton Pos
Metro Baubau

Dua Rumah Ludes Dilalap Api

GOTONG ROYONG: Warga bergotong ronyong memadamkan api yang terlah melalap dua buah rumah warga Kelurahan Katilombu, Kecamatan Sampolawa. FOTO: NUSMA/BUTON POS

BUTONPOS.COM BATAUGA – Dua rumah warga Kelurahan Katilombu, Kecamatan Sampolawa, Buton Selatan ludes terbakar api, Jumat (3/8) sekitar pukul 14.10 Wita. Tidak ada korban jiwa. Namun kerugian material ditaksir ratusan juta rupiah.

Dua rumah tersebut milik Wa Ode Amna (66) dan La Ode Medasi (67). Rumah sebagian besar bermaterial kayu itu ludes dilalap sijago merah.

Asap hitam, putih mengepul di langit Kelurahan Katilombu. Kosentrasi sejumlah warga yang sementara beraktivitas dan istirahat siang, kemarin pecah akibat api yang beraksi di salah satu rumah warga.

Jarak antara rumah di Kelurahan Katilombu terbilang cukup padat. Hal ini membuat sejumlah warga panik dan histeris serta berlarian menjuju rumah yang terbakar. Warga bergotong royong dengan alat seadanya seperti ember untuk mengambil air untuk menjinakan api.

Mobil pemadam milik Pemkab Busel ditempatkan di Desa Lawela, Kecamatan Batauga yang jaraknya sekitar 40-an kilo lebih di TKP. Belum lagi jalan menuju Sampolawa cukup rusak parah.

Akibatnya, rumah yang terletak di sebelah kiri sisi lapangan bola voli di depannya tak jauh dari kantor Kelurahan Katilombu kini tersisa puing saja. Ludes dilalap sijago merah.

Menurut Kapolsek Sampolawa Iptu Silfanus Solo SH, dugaan sementara, api berasal dari orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang ditinggalkan sendirian di rumah oleh pemilik rumah Wa Ode Amna. Api kemudian menjalar dan menghanguskan rumah milik La Ode Medasi.

“Orang gila itu diduga menyalakan api dengan menggunakan korek sehingga mengakibatkan dua buah rumah warga terbakar,” kata Iptu Silfanus Solo ketika dikonfirmasi media ini.

Dikatakan, api berhasil dipadamkan warga setempat bersama personil Polsek dengan cara bergotong royong dengan menggunakan alat seadanya. Sumber air yang ada di sekitaran rumah terbakar. Diperkirakan api berhasil dipadamkan sekitar dua jam.

Beruntung belakangan mobil tangki air milik proyek pekerjaan jalan ikut membantu memadamkan api. Kemudian menyusul mobil pemadam kebakaran Pemkab Busel satu unit menjinakan api.

“Api dipadamkan juga dibantu dengan mobil tangki proyek jalan dan juga mobil pemadam kebakaran milik Pemda Buton Selatan,” katanya.

Iptu Silfanus Solo memperkirakan kerugian material akibat kebakaran itu dari rumah Wa Ode Amna sekitar Rp 400 juta. Sedangkan kerugian material dari rumah La Ode Medasi sekitar ratusan juta juga. (aga)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top