Duhhh,, Garam di Baubau Bakal Kosong. Ini Penyebabnya… – Butonpos
Ekobis

Duhhh,, Garam di Baubau Bakal Kosong. Ini Penyebabnya…

h djafar malee

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Untuk dua bulan kedepan, masyarakat Kota Baubau bakal kesulitan mendapatkan garam. Pasalnya, saat ini pasokan garam yang disuplai dari Bima dan Madura sudah berhenti sejak pertengahan bulan Ramadan lalu. Kondisi ini diperparah dengan stok garam yodium digudang milik Garam Malige sudah habis.

“Garamnya langkah sejak puasa, tapi kami punya stok masih ada waktu itu. Hanya saja seharusnya pertengahan bulan puasa kapal sudah masuk. Tapi sampai sekarang belum juga,” ungkap Produsen Garam Malige, H Djafar Malee saat menyambangi ruang redaksi Butonpos, Kamis (20/7/17).

Dijelaskannya, curah hujan yang tinggi di wilayah Bima dan Madura menjadi penyebab kelangkaan garam.

Bahkan, kondisi kelangkaan ini, lanjut H Djafar juga dirasakan secara nasional. “Kelangkaan ini akibat hujan. Dan ini secara nasional,” tegasnya.

Jika kondisi kelangkaan ini tetap bertahan hingga bulan September nanti, maka bisa dipastikan garam di Baubau akan habis dan kalaupun ada, maka harganya akan melambung tinggi. Hal ini disebabkan, stok garam digudang milik Garam Malige sudah kosong. Padahal biasanya gudang ini bisa menyuplai garam untuk wilayah Baubau dan sekitaranya sebanyak 150 ton untuk lima bulan penjualan.

“Sejak 20 tahun lalu, baru tahun ini terputus kiriman garam,” tutur pria berkacamata ini.

Dijelaskan H Djafar, saat ini stok garam yang ada hanya ada ditangan penyalur atau pengecer. Namun, jika pengecer atau penyalur juga habis, maka Baubau akan kekosongan garam yodium. (rud)

BERITA POPULER

To Top