Dukung Pembangunan Kesehatan Perlu Lintas Sektor – Buton Pos
Metro Baubau

Dukung Pembangunan Kesehatan Perlu Lintas Sektor

rapat koordinasi program pembangunan kesehatan II, di Aula Kantor Wali Kota Palagimata Baubau, Kamis (07/12/17)

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Dalam mendukung program kesehatan di Kota Baubau diperlukan keterlibatan semua sektor. Baik pemerintah maupun masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Baubau, dr H Edy Natsir MMKes dan Kepala Bidang Pengembangan Program dan Sumber Daya Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara, Safiudin Alibas, dalam rapat koordinasi program pembangunan kesehatan II, di Aula Kantor Wali Kota Palagimata Baubau, Kamis (07/12/17).

Usai rapat koordinasi, dr H Edy Natsir MMKes, kepada awak media mengatakan, pihaknya telah melakukan evaluasi selama tiga bulan terakhir untuk mendukung program pembangunan kesehatan dengan menghadirkan masyarakat dalam kegiatan kesehatan serta mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dengan melibatkan lintas sektor seperti Camat dan lurah.

“Seingat saya dalam tiga tahun terakhir kita sudah lakukan, dan kita selalu evaluasi karena tidak bisa kita pikul sendiri, kita libatkan sektor. Yang pentingnya menghadirkan masyarakat dalam kegiatan kesehatan serta mensosialisasikan Germas. Pendekatan kita tentu melibatkan lintas sektor,” jelas Edy

Sementara itu, Kabid PPSDK Sultra, Saifudin Alibas menjelaskan, untuk mendukung program kesehatan yang menjadi pokok penting adalah mensinergikan program kesehatan bersama lintas sektor. Dengan demikian akan meningkatkan kesehatan Baubau lebih baik dalam rangka mandiri untuk hidup sehat.

“Pokok penting itu adalah bagaimana mensinergikan lintas sektor untuk mendukung pembangunan kesehatan karena dari konsep implementasi sudah bagus tapi peram lintas sektor seperti Camat dan Lurah. Ini butuh proses dan pemahaman yang sama, dan kesadaran,” paparnya.

Dalam menjaga pola hidup sehat, Safiudin menganjurkan, masyarakat Baubau harus mampu melakukan aktivitas fisik yang teratur dengan memeriksakan kesehatan secara berkala, membiasakan konsumsi sayur dan buah. (po4)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!