Duta Pendidikan Harus Jadi Motivator Pendidikan di Sultra – Buton Pos
Suara Sultra

Duta Pendidikan Harus Jadi Motivator Pendidikan di Sultra

BUTONPOS.COM, KENDARI – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memberikan dukungan penuh terhadap duta pendidikan yang akan mewakili Sultra pada seleksi tingkat nasional yang akan digelar Maret ini di Bandung, Jawa Barat.

“Jadi untuk duta pendidikan sudah dilaksanakan sejak tahun 2018 akhir dan kita bantu untuk memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan tersebut. Dimana duta pendidikan ini diseleksi dari seluruh kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Tenggara. Kemudian untuk duta pendidikan ini setelah diseleksi pada tingkat Sultra, nantinya akan diseleksi pada tingkat nasional yang rencana seleksinya di Bandung pada bulan Maret ini,” kata Plt Kepala Disdibud Sultra, Asrun Lio, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (5/3).

Asrun mengatakan, untuk wakil Sultra yang akan dikirim pada ajang seleksi duta pendidikan tingkat nasional minimal satu orang. Hal itu dikarena saat ini daerah masih keterbatasan anggaran dan belum masuk dalam nomenklatur kegiatan tahun 2019 ini, sehingga akan diupayakan untuk dimasukan pada anggaran berikutnya.

“Karena untuk duta pendidikan ini merupakan tanggung jawab bersama. Duta pendidikan juga sangat penting, karena selain kita mengetahui generasi muda yang berprestasi, juga bisa sebagai penyebar informasi mengenai pendidikan khususnya di Sulawesi Tenggara,” ungkapnya.

Salah seorang Pengurus Duta Pendidikan Sultra, Fani mengatakan, seleksi duta pendidikan di Sultra baru dua kali dilaksanakan. Terakhir, yang ikut seleksi 37 orang.

“Untuk duta pendidikan sendiri yang diseleksi kemarin untuk tingkatan mahasiswa dan umum, dan kalau untuk duta pelajar dari SMP serta SMA. Dimana mereka bukan hanya nilai tinggi di sekolah, namun mereka mempunyai wawasan yang luas serta layak menjadi duta pendidikan yang ada di Sultra,” jelas Fani.

Duta pendidikan juga mempunyai program kerja salah satunya mengajar di Sekolah Luar Biasa (SLB) dan juga membuka kelompok baca. “Untuk perwakilan Sultra yang akan dikirim sebenarnya tiga orang, yakni untuk top satu, dua dan tiga. Akan tetapi kesemuanya tergantung dana yang bisa dianggarkan dalam pemberangkatan,” jelasnya.

Para peserta duta pendidikan akan dikirim ke Bandung pada Maret ini, sementara untuk duta pelajar pada Agustus nanti. Untuk itu pihaknya berharap duta pendidikan dan duta pelajar bisa menjadi motifator pendidikan di Sultra.

“Mudah-mudahan duta pelajar ini jadi bisa meningkatkan pola pendidikan untuk di Sulawesi Tenggara serta Sulawesi Tenggara lebih dikenal untuk di kanca nasional serta bisa membangun pendidikan yang baik untuk Sulawesi Tenggara,” pungkasnya. (m1)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top