Empat Desa Pesisir Mubar Keciprat UEP – Buton Pos
Suara Muna

Empat Desa Pesisir Mubar Keciprat UEP

ilustrasi

BUTONPOS.COM, MUBAR – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial (Kemensos) kembali mengelontorkan bantuan kepada masyarakat Muna Barat (Mubar). Kali ini, yang beruntung mendapat bantuan adalah masyarakat pesisir di empat Desa.

Bantuan dikelola oleh Dinas Sosial (Dinsos) Mubar tersebut berupa Usaha Ekonomi Produktif (UEP) 2017 ini. Adapun daerah yang mendapat bantuan UEP yakni Maginti, Kangkunawe, Kombikuno, dan Latawe.

Hal itu diungkapkan langsung kepala Dinsos Mubar, Ali Basa kepada wartawan. “Insya Allah dalam waktu dekat ini sudah bisa tersalurkan,” beber Ali.

Menurutnya, daerah-daerah yang mendapatkan bantuan tersebut merupakan penunjukkan langsung dari pemerintah pusat. Termasuk pengelolaan kegiatan juga ditangani pemerintah pusat. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mubar hanya mendata dan memfasilitasi masyarakat.

“Jadi kita tinggal verifikasi saja. Saat ini rencananya baru akan dilakukan seleksi tim pendamping. Datanya sudah dikirim kepada pihak kementerian. Mereka sendiri yang tentukan melalui seleksi itu,” ujarnya.

Ali mengingatkan, pemberian bantuan itu bukan dalam bentuk jenis usaha, akan tetapi masyarakat uang tunai senilai Rp 2 juta. Selanjutnya masyarakat sendiri yang akan mengembangkan usaha sesuai keinginannya.

“Bantuan itu khusus warga yang kurang mampu. Terkait jenis usaha yang akan dikembangkan tergantung dari warga itu sendiri. Pemerintah hanya memberikan uang dalam bentuk tunai. Mudah-mudahan bantuan itu bisa meringankan beban warga yang kurang mampu dan dapat meningkatkan produktifitas pendapatan mereka,” pungkasnya. (p5/exa)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!