Estimasi PBB di Kendari Rp 17 Miliar – Buton Pos
Suara Sultra

Estimasi PBB di Kendari Rp 17 Miliar

NAHWA UMAR

BUTONPOS.COM, KENDARI — Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Kendari sudah menuntaskan inventarisasi objek Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2018. Hasilnya, 75.371 total objek pajak tahun ini. Dengan jumlah objek pajak itu, maka potensi pajak diestimasi nilainya sekira Rp 17 miliar.

Kepala BPPRD Kota Kendari, Nahwa Umar mengatakan, pekan lalu, pihaknya sudah menyerahkan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) kepada seluruh ketua RT se-Kota Kendari yang diketahui oleh camat dan lurah masing-masing.

Sehingga, semua ketua RT yang mendapat tugas tambahan untuk menyosialisasikan beban pajak pada warganya, sudah bisa memulai menginformasikan tagihan itu. “Semua SPPT sudah kita serahkan, jumlahnya berapa dan nilainya berapa itu jelas tertulis disana,” kata Nahwa Umar, kemarin (19/2).

“Tahun ini, kita harus lebih hati-hati, karena penunggak pajak sudah dipantau juga oleh KPK, jadi bukan hanya masyarakat yang bisa kena masalah. Penagih pajak yang bermain juga bisa kena, makanya kita pasang UPTD disetiap kecamatan supaya lebih transparan lagi. Gajinya RT ini kan kita bayar noncash juga,” sambung mantan Kepala Inspektorat Kota Kendari ini.

Pelunasan PBB, lanjut Nahwa, tidak mesti menunggu jatuh tempo 30 September mendatang. Agar tidak mengantri, warga bisa melunasinya lebih dulu. “Lebih cepat lebih baik. Asal jangan melewati batas waktu saja,” ungkapnya.

Untuk jumlah objek pajak, paling banyak berada di wilayah Kecamatan Baruga dan Puuwatu. Sementara yang paling sedikit di Kecamatan Nambo dan Abeli.(ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top