Gagas Kerjasama Perdagangan Lintas Maritim Timur – Buton Pos
Suara Wakatobi

Gagas Kerjasama Perdagangan Lintas Maritim Timur

KOMFRES: Bupati Wakatobi Arhawi SE bersama sejumlah awak media saat konfrensi pers di Rujabnya belum lama ini

BUTONPOS.COM, WAKATOBI – Pemerintah Kabupaten Wakatobi ingin membangun kerjasama perdagangan antar daerah-daerah yang masuk wilayah perairan Laut Banda. Perdagangan lintas Timur ini, dinilai akan memperkuat kemaritiman Wakatobi.

Bupati Wakatobi pada konfrensi press, Rabu (8/11), alasan digagasnya membuka jalur perdagangan ke wilayah daerah Timur itu karena posisi Wakatobi berada pada dua urat lautan besar, yakni Laut Banda dan Flores. Ia menilai posisi tersebut cukup strategis untuk menghubungkan perdagangan Wakatobi ke wilayah bagian Timur.

Ia melanjutkan, melalui pengalaman masa lalu juga, masyarakat Wakatobi terutama Wangiwangi mayoritas pelayar Timur. Artinya mereka telah merintis lebih awal. Apalagi Wakatobi dari dulu sudah menjadi lintas jalur perdagangan Timur Barat.

“Kita belajar dari pengalam masa lalu bahwa Kabupaten Wakatobi ini masyarakatnya tidak hanya bersaing di dalam daerahnya sendiri. Tetapi, bisa bersaing di daerah-daerah lain. Kita juga memiliki pengalaman bahwa Kabupaten Wakatobi ini adalah lalu lintas perdagangan Timur ke Barat, maupun Barat ke Timur,” beberanya.

Kata orang nomor satu di Wakatobi itu, selain membangun kekuatan pariwisata, kelautan, dan perikanan daerah, gagasan perdagangan antar pulau tidak boleh terlupakan. Kerjasama ini akan ditindaklanjuti dalam rapat simposium pada tanggal 10 November mendatang.

Ada lima provinsi serta 17 kota yang akan terkoneksi dalam kerjasama perdagangan Timur ini, kata Arhawi, yakni Maluku, Maluku Utara, Kabupaten Taliabu, Buru Selatan, Namlea, dan daerah lainnya yang masuk dalam wilayah perairan Laut Banda.

Bukan hanya berbicara perdagangan antar pulau, lanjut Arhawi, berdasarkan data, tercatat sebanyak 81.000 ton potensi perikanan Laut Banda yang terkelola baru sekitar 17 persen.

“Tentu ini juga didalam simposium ada semangat bersama di lima provinsi dan 17 kabupaten kota ini, untuk kita mengkonekan usaha-usaha dalam rangka untuk memanfaatkan potensi ruang di Laut Banda ini,” ujarnya.

Dilansir dari www.wakatobikab.go.id, posisi geostrategis Wakatobi, selain diapit Laut Banda dan Laut Flores yang kayaakan sumber daya keanekaragaman hayati laut dan perikanan, kabupaten ini juga menempati posisi strategis, yakni perairan lautnya dilalui jalur perikanan kawasan Timur dan Barat Indonesia. Serta berada pada pusat kawasan segi tiga karang dunia (Coral Tri-angle Center) yang meliputi enam negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Philipines, Papua New Guine, Solomon Island, dan Timor Leste. (p10)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!