Gakkumdu Masih Dipercaya Bisa Tuntaskan Kasus Money Politics di Pilwali Baubau – Buton Pos
Ragam

Gakkumdu Masih Dipercaya Bisa Tuntaskan Kasus Money Politics di Pilwali Baubau

BUTONPOS.COM BAUBAU – Kubu calon wali kota dan wakil wali kota, Ibrahim Marsela (IBM)-Ilyas enggan berspekulasi soal penyebab kaburnya dua tersangka money politics Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Baubau 2018.

Kontestan jalur independen ini menyerahkan sepenuhnya kepada aparat Sentra Penegakan Hukum (Gakkumdu) untuk menuntaskan kasus bagi-bagi duit politik tersebut.

“Tersangkanya lari atau dikasih lari, wallahu alam. Kita percayakan kepada Gakkumdu semoga bisa secepatnya bertindak,” ujar Ketua Tim IBM-Ilyas, Letkol (Purn) Wa Ode Taslimah dihubungi, Selasa (31/7).

Mantan anggota DPRD Baubau ini pun menilai semua yang terlibat dalam dugaan money politics bisa saja lolos dari hukum buatan manusia. Namun, cepat atau lambat, Tuhan yang akan menegakkan keadilan itu.

“Kita serahkan kepada yang Maha Kuasa, mudah-mudahan masih ada nurani penegakan hukum di dalam menegakkan keadilan sesuai dengan undang-undang dan aturan,” ujarnya.

Dia pun menyindir konsistensi Paslon dalam melaksanakan komitmen tidak curang. Saat itu, lima Paslon wali kota dan wakil wali kota berikrar tidak melakukan money politics.

“Sebelum kampanye dulu, masing-masing Paslon sudah membaca dan tanda tangan komitmen untuk tidak money politics, hoax, dan politisasi Sara. Namun justru pelaksanaannya, money politics itu terjadi. Bukti dan saksi ada semua kita laporkan ke Gakkumdu,” pungkasnya.

Terpisah Calon Wali Kota Baubau, Wa Ode Maasra Manarfa, berharap proses penyelesaian kasus money politics pada Pilwali Kota Baubau dapat diusut tuntas.

“Pihak terkait dalam hal ini, Bawaslu sebagai pengawas Pemilu serta Gakkumdu harus bekerja secara profesional untuk bisa mengungkap masalah itu. Teroris saja bisa ditemukan, masa masyarakat biasa yang indentitasnya sudah jelas diketahui kesannya malah susah untuk diungkap,” demikian dikatakan Wa Ode Maasra saat dihubungi via ponsel, kemarin.

Ketua DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Kota Baubau ini menuturkan, kasus seperti ini tidak boleh dibiarkan. Karena efeknya di masyarakat akan terkesan negatif.

“Jika kasus seperti ini dibiarkan, masyarakat bisa saja menilai jelek kinerja petugas. Apalagi kedua tersangka sudah dinyatakan DPO, pasti masyarakat menunggu proses kelanjutan dari kasus money politics ini,” ujarnya.

Dia menambahkan, petugas harus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat. Ketika ada masyarakat yang bersalah harus disalahkan. (m2/exa)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top